Penyebab Para Wanita Penghuni Neraka | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna P Sari Editor : BL

Penyebab Para Wanita Penghuni Neraka

495 kali dilihat

Kita semua pasti berharap akhir kehidupan yang baik dan damai. Dengan kata lain, surga yang abadi dan penuh kenikmatan pastilah kita idam-idamkan untuk menjadi rumah yang akan kita tempati kelak. Namun tahukah kita, bahwa sebuah sabda telah Rasul sampaikan sebagai pengingat bagi kita, bahwa penghuni neraka kelak justru kebanyakan adalah wanita?

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda, (yang artinya),

“Aku melihat ke dalam Syurga maka aku melihat kebanyakan penghuninya adalah fuqara’ (orang-orang fakir) dan aku melihat ke dalam Neraka maka aku menyaksikan kebanyakan penghuninya adalah wanita.” (Hadis Riwayat Al- Bukhari dan Muslim).

Beliau juga bersabda, (yang artinya), Dan aku melihat neraka. Aku belum pernah sama sekali melihat pemandangan seperti hari ini. Dan aku lihat ternyata mayoritas penghuninya adalah para wanita.” Mereka bertanya, “Kenapa para wanita menjadi mayoritas penghuni neraka, ya Rasulullah?” Beliau menjawab, “Disebabkan kekufuran mereka.” Ada yang bertanya kepada Beliau, “Apakah para wanita itu kufur kepada Allah?” Beliau menjawab, “(Tidak, melainkan) mereka kufur kepada suami dan mengkufuri kebaikan (suami).  Seandainya engkau berbuat baik kepada salah seorang istri kalian pada suatu waktu, kemudian suatu saat ia melihat darimu ada sesuatu (yang tidak berkenan di hatinya) niscaya ia akan berkata, ‘Aku sama sekali belum pernah melihat kebaikan darimu. (HR. Bukhari dan Muslim).

Yang dimaksud kufur didalam hadits ini bukanlah keluar dari Islam. Namun yang dimaksud adalah istri yang tidak mau memenuhi kewajiban terhadap suami. Mereka para wanita tersebut tidak mau bersyukur pada pemberian suami. Mereka mudah menggelari suaminya dengan gelaran pelit jika keinginan mereka tidak terpenuhi. Ibarat kata “Hujan setahun benar-benar tidak teranggap dikarenakan adanya kemarau sehari.” Para wanita tersebut kerap mengumbar kata, “Aku sama sekali belum pernah melihat kebaikan darimu.”

Dalam hadis yang lain, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wa Sallam (SAW) menjelaskan tentang wanita penghuni Neraka, baginda bersabda :

“ … dan wanita-wanita yang berpakaian tetapi hakikatnya mereka telanjang, melenggak-lenggokkan kepala mereka kerana sombong dan berpaling dari ketaatan kepada Allah dan suaminya, kepala mereka seakan-akan seperti bunggul unta. Mereka tidak masuk Syurga dan tidak mendapatkan wanginya Syurga padahal wanginya boleh didapati dari jarak perjalanan sekian dan sekian.” (Hadis Riwayat Muslim dan Ahmad).

Hijabers, hadist-hadis di atas adalah peringatan keras bagi kita kaum wanita, agar tidak mendahulukan hawa nafsu dan mencondongkan diri pada kesenangan-kesenangan dunia, sehingga berbuat durhaka kepada suami kita, serta berpaling dari kehidupan akhirat karena kurangnya akal dan tertipu dengan berbagai kesenangan dunia.

Sebuah pesan dari Rasulullah SAW berikut, semoga bisa kita praktekkan agar kita terhindar dari menjadi azab neraka, yaitu dengan memperbanyak melakukan sedekah. Seperti sabda Beliau Shalallahu ‘alaihi Wa Sallam (yang artinya) “Bersedekahlah kamu semua (para wanita) Karena kebanyakan kamu adalah kayu api Jahanam!” (HR Al- Bukhari).



RELATED ARTICLE