Penyesalan Kita Kadang Nggak Berarti Apa-Apa | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

Penyesalan Kita Kadang Nggak Berarti Apa-Apa

114 kali dilihat

Manusia memang nggak lepas dari salah, lupa, khilaf dan dosa. Karena manusia memang nggak ada yang sempurna.

Tapi tahukah kita bahwa kadang penyesalan yang kita lakukan atas kesalahan kita dulu pada orang lain, bisa nggak berarti apa-apa? Karena kenyataannya karena kesalahan kita, sejarah hidupnya jadi sakit dan hidupnya juga sudah kacau. Bahkan efek dari semua kesakitan itu juga dia akan terus bawa sampai dia mati nanti. Dan kita nggak bisa merubah semua itu menjadi baik kembali.

Kita meratapi seperti apa juga nggak guna. Kita memohon maaf seanyak apapun juga nggak akan merubah keadaan jadi baik seperti semula. Dan parahnya lagi adalah ketika dia yang kita sakiti justru dengan tangan terbuka memaafkan kita dengan segala kesalahan kita. Kita yang meminta maaf atas kesalahan karena dulu menyakitinya. Tapi anehnya justru kita sekarang yang merasa sakit. Ya, itulah namanya hukuman. Hukuman dari perbuatan kita sendiri, walaupun waktu itu kita bertindak atas nama “belum mengerti”.

Tapi kita harus tampil berani buat menerima konsekuensinya, karena memang semua itu adalah tanggung jawab tangan kita sendiri.

Pelajarannya adalah, pikir seribu kali sebelum kita menyakiti dan atau memiliki niat merusak kehidupan orang lain. Karena kadang ketika kita menyadari, dan telah mengerti serta menyesali, semua itu terasa nggak berarti apa-apa, karena kita nggak bisa merubah keadaan seperti semula lagi.

Dia memang memaafkan, tapi memang otak manusia bukan diciptakan untuk melupakan. Selamanya kesalahan kita akan tetap terasa seperti kesalahan. Walau begitu besar kemuliaan hati orang yang kita sakiti memaafkan diri kita, tapi tetap saja kita nggak akan bisa mengubah sejarah yang telah kita buat sendiri.

Kita kadang nggak banyak tahu tentang potensi jahat diri kita ini, pada diri kita sendiri dan pada orang lain. Karena itu, mari senantiasa minta kepada Allah agar kita dijauhkan dari acara menjahati diri sendiri dan orang lain, karena kadang kita nggak banyak tahu tentang bagaimana cara mengkontrol diri kalau tanpa bantuan Allah yang membantu kita.

 

(NayMa)



RELATED ARTICLE