Perbedaan Cara Menegur Imam Salat Bagi Pria dan Wanita | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna P Sari Editor : BL

Perbedaan Cara Menegur Imam Salat Bagi Pria dan Wanita

511 kali dilihat

Syari’at Islam mengajarkan kita tata cara bergaul dengan baik antar sesama kita. Bahkan dalam cara menegur seorang imam dalam shalat pun, kita diajarkan dengan seksama. Hal ini dilakukan apabila imam sholat tersebut dalam keadaan lupa atau melakukan kesalahan. Misalnya, dia meninggalkan suatu rukun atau menambahnya.

Terdapat perbedaan antara laki-laki dan perempuan dalam hal menegur imam yang melakukan kesalahan dalam salat. Perbedaannya adalah sebagai berikut:

Untuk ma’mum laki-laki, dia harus menegur imam salatnya dengan membaca tasbih atau Subhanallah. Hal ini berdasarkan hadits Sahl bin Sa’id, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, (yang artinya),

"Barangsiapa mengingatkan sesuatu pada imam dalam salatnya, maka ucapkanlah subhanallah” (Maha Suci Allah). (HR. Bukhari).

Adapun bagi ma’mum perempuan, bila dia mau menegur atau mengingatkan imam salatnya, adalah dengan cara bertepuk tangan, sebagaimana disebutkan dalam sabda Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wa Sallam, (yang artinya),

Barangsiapa menjadi makmum lalu merasa ada kekeliruan dalam salat, hendaklah dia membaca tasbih. Karena jika dibacakan tasbih, dia (imam) akan memperhatikannya. Sedangkan tepukan khusus untuk wanita.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Cara wanita tepuk tangan adalah bagian dalam telapak tangan menepuk bagian punggung telapak tangan lainnya.



RELATED ARTICLE