Percayalah, Manfaatkan Masa Mudamu Yang Cuma Datang Satu Kali | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

Percayalah, Manfaatkan Masa Mudamu Yang Cuma Datang Satu Kali

149 kali dilihat

Masa muda cuma datang satu kali. Betapapun kita mohon buat dia balik lagi, tapi kita nggak akan bisa menghentikan waktu yang sudah berjalan dan membawa masa muda kita itu pergi. Karena itu, jangan sampai kita gegabah dengan membiarkan dia pergi begitu saja. Secara, kalau kita sudah tua dan nggak kuat apa-apa lagi kita cuma akan bisa menyesali, tanpa bisa berbuat yang lain untuk mengubah keadaan.  

Karena itu, percayalah...

Bergeraklah dan berkaryalah lebih banyak ketika kita masih muda. Lakukan sesuatu yng berarti dan membuat kita lebih berarti. Entah itu dengn bekerja atau dengn membuat berbagai prestasi. Jangna kalah dengan waktu. Karena kalau nggak, akan sia-sia saja hidup kita.

Percayalah...

Jangan hanya sibuk tentang urusan lawan jenis, atau pacaran. Ya memang di usia kita ini pasti banyak yang galau tentang masalah pacar. Tapi pacaran itu nggak baik dan nggak asyik, kawan.Karena  kalau memang hal itu baik, maka semua orang baik pasti sudah pacaran. Tapi kenapa malah mereka menghindari hal itu, bahkan Allah melarang melakukan semua itu. Memang nggak ada ayat yang persis bilang, “jangan pacaran”. Tapi siapapun yang “lurus” pasti tahu kalau pacaran memang pintu menuju zina. Dan saksi hidup dan pelaku yang juga masih hidup sudah banyak yang mengalaminya. Mereka sedih, bahkan ada yang sampai hancur. Dan lalu kita mau mengulang kesalahan yang sama? Hey, ayolah! Hidup nggak perlu dibuat ribet begitu, kawan

Percayalah...

Pakai narkoba itu juga sangat nggak baik. Walaupun kamu memberinya gelar “tempat pelarian”, tapi narkobamu itu justru malah bikin lelah batinmu sendiri. Kalau narkoba itu baik, maka nggak mungkin pak polisi pakai acara menggerebek tempat narkoba dimana-mana.  Kalau narkoba itu baik, nggak mungkin mereka yang OD justru malah mati mengenaskan dan dibilang “mati sia-sia”. Umurmu hanya akan habis untuk sesi menjahati dirimu sendiri. Dan itu sama sekali bukan tindakan yang bisa dibanggakan kawan!

Percayalah...

Tawuran, bolos, nge-bully anak orang, mabuk, dan berbagai kenakalan yang lainnya, itu cuma buang-buang waktu yang seharusnya bisa kita manfatkan buat hidup kita, agar hidup kita lebih berarti.

Percayalah...

Masa mudamu itu datang hanya sekali. Nggak akan terulang bahkan untuk kedua apalagi ketiga kalinya. Kita butuh bahagia di dunia, karena itu kita juga harus memanfaatkan masa muda ini dengan sebaik-baiknya. Atau klau nggak kita pasti kan jauh dari bahagia.

Dan itu baru masalah dunia aja, kawan. Belum termsuk urusan akhirat kita. Semakin tua kita akan semakin dekat dengan kematian. Bahkan ada juga mungkin di sekitar kita yang meninggal di usia muda. Sayangnya mereka harus pergi dalam kedaan dimana mereka nggak hidup “lurus” saat masih di dunia. Akhirnya kehidupan mereka juga berakhir dengan kesedihan. Selanjutnya mereka pun jadi hidup dlam penyesalan. Hal ini banyak tertulis dalam ayat di Al Quran. Salah satunya ini,

“Hingga apabila datang kematian kepada seorang dari mereka, dia berkata, “Ya Rabbku kembalikanlah aku (ke dunia) agar aku beramal shalih terhadap yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkan saja. Dan dihadapan mereka ada barzakh sampai hari mereka dibangkitkan.” (Qs Al Mukminun: 99-100)

Cukuplah hal itu buat pelajaran bagi kita, kawan. Agar penyesalan mereka itu nggak mengenai kita.

Kawan, percayalah kitapun akan pada titik seperti mereka. Kitapun juga akan menemui akhirat seperti mereka yang telah mendahului kita. Entah kapan, tapi waktunya pasti akan terjadi. Tapi jangan sampai kita bernasib seperti mereka yang menyedihkan itu. Kita masih punya masa kawan. Jangan malah salfok alias salah fokus. Karena itu jangan pernah sia-siakan masa muda kita. Ayo kita segera berbenah. Kalau nggak sekarang, kapan lagi?

 

(NayMa)

 



RELATED ARTICLE