Puasa Ayyamul Bidh Atau Hari Putih | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna. P. Sari Editor : BL

Puasa Ayyamul Bidh Atau Hari Putih

367 kali dilihat

(DiaryHijaber.com) - Puasa adalah satu cara ibadah kita untuk lebih mendekatkan diri kita kepada Allah Ta’ala. Dan kita sebagai umat muslim disunnahkan berpuasa minimal tiga kali dalam sebulan. Yang lebih utama adalah melakukan puasa pada ayyamul bidh yaitu pada hari ke-13, 14, dan 15 dari bulan Hijriyah. Disebut puasa Ayyamul bidh atau hari putih karena pada malam-malam tersebut bersinar bulan purnama dengan sinar rembulannya yang putih.

Dari Abu Dzar, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda padanya, Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15 (dari bulan Hijriyah).” (HR. Tirmidzi dan An Nasai)

Dari Ibnu Milhan Al Qoisiy, dari ayahnya, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa memerintahkan pada kami untuk berpuasa pada ayyamul bidh yaitu 13, 14 dan 15 (dari bulan Hijriyah).” Dan beliau bersabda, “Puasa ayyamul bidh itu seperti puasa setahun.” (HR. Abu Daud dan An Nasai)

Tapi untuk menjadi perhatian kita Hijabers, bahwa kita diharamkan berpuasa pada tanggal 13 dzulhijjah karena adalah bagian dari hari tasyriq.

Dengan berpuasa kita menyehatkan diri kita sendiri, karena kita mengistirahatkan dan memberi jeda kepada badan kita, terutama saluran pencernaan kita yang biasa bekerja terus- menerus sepanjang siang malam. Berpuasa juga cara kita agar lebih damai dalam hati karena kita yang meniatkannya agar kita lebih dekat kepada Allah. Selain itu, berarti kita juga menghidupkan salah satu sunah Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wa Sallam, seperti yang disampaikan oleh Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

Kekasihku (Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam) mewasiatkan padaku tiga nasehat yang aku tidak meninggalkannya hingga aku mati: berpuasa tiga hari setiap bulannya, mengerjakan shalat Dhuha, mengerjakan shalat witir sebelum tidur.” (HR. Bukhari)

Karena itu, mari kita biasakan untuk melakukan puasa ayyamul bidh ini, agar rahmat dan ridho Allah selalu melingkupi hidup kita. InshaAllah.

 

 


Artikel Terkait Lainnya..
Inilah Tata Cara Mandi Junub

RELATED ARTICLE