Saat Kiamat Semakin Dekat, Siapkah Dirimu? | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Saat Kiamat Semakin Dekat, Siapkah Dirimu?

738 kali dilihat



Hijabers, pernahkah dari kita yang mengalami kejadian gempa bumi atau bencana alam lainnya? Jika iya, maka dapat dibayangkan bagaimana ketakutan dan kekhawatiran kita saat itu. Kita berlarian menyelamatkan diri tanpa perduli apapun lagi. Kita berhamburan keluar rumah, kocar-kacir tidak karuan kemana-mana. Kita menangis, berteriak ketakutan, khawatir dan panik dengan semua momen yang serba mendadak itu. Kita bahkan tidak sempat berpikir harus melakukan apa dan harus bagaimana.

Hijabers, tahukah kita bila kejadian ini mungkin tidak ada apa-apanya dibanding dengan apa yang akan terjadi di hari kiamat. Pada hari itu, terjadi kehancuran dan kekacauan yang maha besar. Tidak ada satu tempat pun yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk menyelamatkan diri dan tidak ada satu orang pun yang menyelamatkan orang lain.

Hari kiamat. Apakah hari kiamat itu? Tahukah kamu apakah hari kiamat itu? Pada hari itu manusia adalah seperti anai-anai yang bertebaran dan gunung-gunung adalah seperti bulu yang dihambur-hamburkan.” (QS Al Qari’ah ayat 1-5)

"Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan (yang dahsyat), dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung) nya, dan manusia bertanya: Mengapa bumi (menjadi begini)?, pada hari itu bumi menceritakan beritanya, karena sesungguhnya Rabbmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya. Pada hari itu manusia ke luar dari kuburnya dalam keadaan bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka. Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan sekecil apa pun, niscaya dia akan melihat (balasan) nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sekecil apa pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.” (QS. Al Zalzalah: 1-8)

“Apabila matahari dihancurkan, apabila bintang-bintang berjatuhan, apabila gunung-gunung dihancurkan, apabila unta-unta yang bunting ditinggalkan (tidak diperdulikan), apabila binatang-binatang liar dikumpulkan, apabila lautan mendidih, apabila ruh-ruh dipertemukan, apabila bayi-bayi perempuan yang dikubur hidup-hidup ditanya karena dosa apakah dia dibunuh, apabila catatan-catatan (amal perbuatan manusia) dibuka, apabila langit dilenyapkan, apabila neraka Jahim dinyalakan, dan apabila surga didekatkan, maka tiap-tiap jiwa akan mengetahui apa yang telah dikerjakannya.” (QS At Takwir ayat 1-14)

“Apabila langit terbelah, dan ia patuh kepada Rabbnya (untuk terbelah), dan sudah semestinya langit itu patuh; dan apabila bumi diratakan dan ia melemparkan apa yang ada di dalamnya dan menjadi kosong, dan ia patuh kepada Rabbnya (melemparkan apa yang ada di dalamnya), dan sudah semestinya bumi itu patuh.” (QS Al Insyiqaq ayat1-5)

“Apabila langit terbelah, apabila bintang-bintang jatuh berserakan, apabila lautan menjadikan meluap, dan apabila kuburan-kuburan dibongkar, maka tiap-tiap jiwa akanmengetahui apa yang telah dikerjakan dan yang dilalaikannya.” (QS Al Infitharayat 1-5)

“Maka apabilasangkakala telah ditiup sekali, dan diangkatlah bumi dan gunung-gunung, lalu keduanya dibenturkan dengan sekali benturan, maka pada hari itu terjadilah hari kiamat dan terbelahlah langit, karena pada hari itu langit menjadi lemah.” (QS Al Haqqah ayat 13-16)

Sungguh, tidak ada  kata-kata yang bisa menggambarkan kedahsyatan kejadian yang akan terjadi dihari itu.

Hijabers, hari besar itu pasti datang. Entah kapan waktunya, tapi dia pasti akan datang. Tanda-tanda yang dikabarkan oleh Rasulullah SAW pun mulai banyak terjadi seperti, manusia berlomba-lomba membangun masjid-masjid dan gedung-gedung yang tinggi, arak menjadi minuman yang sangat biasa diminum, zina dilakukan terang-terangan, wanita berlipat banyak, pembunuhan terjadi dimana mana, pemutusan hubungan kekeluargaan, banyaknya orang yang berakhlak buruk dengan tetangga, orang yang jujur (amanat) dituduh berkhianat, dan orang yang khianat diberi amanat(dipercaya), banyak orang berharap ingin mati, dan lain sebagainya.

Sebagai muslimah yang cerdas, sudah seharusnyalah kita pandai-pandai menjaga dan  mempersiapkan diri karena kita sekarang hidup di akhir jaman, dan di waktu yang penuh fitnah atau godaan. Jangan sampai kita larut dalam kesenangan dunia yang tidak ada habisnya ini.

Setiap detik adalah satu langkah menuju akhir zaman. Dan waktu sama sekali tidak akan bisa kita hentikan. Mari perbaiki bekal kita agar kita tidak menyesal di akherat nanti. Karena sesungguhnya kehidupan kita yang sejati adalah di sana, selama-lamanya.

Semua yang ada di dunia ini hanya sementara. Semua yang hidup akan mati, semua yang ada akan hancur, dan kembali kepada Allah. Hari penghisaban akan datang setelah kiamat. Itulah urusan yang sebenarnya yang harus kita perdulikan. Semoga hidayah Allah turun untuk kita, agar hati kita gampang tersadar dan lebih mempersiapkan diri menghadapi kejadian di akhir zaman nanti. Aamiin.

 

 




 

Writer : Ratna P Sari

Editor : BL





RELATED ARTICLE