Salat Ashar, Sebuah Waktu yang Istimewa | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna P Sari Editor : BL

Salat Ashar, Sebuah Waktu yang Istimewa

323 kali dilihat

Salat adalah ibadah yg utama. Salat adalah juga ibadah yg terpenting setelah dua kalimat syahadat. Dari Ibnu Umar radhiallahu anhuma dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, (yang artinya), “Islam dibangun diatas lima (landasan); persaksian tidak ada ilah selain Allah & sesungguhnya Muhammad utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, haji & puasa Ramadhan.” (HR. Al-Bukhari & Muslim).

Salah satu salat lima waktu yang menjadi kewajiban kita tersebut salah satunya adalah salat ashar. Bagi sebagian orang, waktu ashar adalah saat yang tepat untuk melepas lelah setelah seharian bekerja. Tidur siangpun pasti tengah lelap-lelapnya. Atau ketika kita tengah sibuk pun, pasti lagi sibuk-sibuknya sebelum pulang dari kantor. Karena itu, kemudian ketika adzan ashar berkumandang, rasa malas kadang datang ke diri kita untuk mendirikan salat ashar tersebut.

Padahal salat ashar adalah sangat istimewa. Dan siapapun dari kita yang meninggalkannya, maka termasuk orang-orang yang merugi. Bagaimana tidak, Rasulullah SAW telah bersabda, (yang artinya) “Barangsiapa meninggalkan salat Ashar, maka terhapuslah amalannya.” (HR. Bukhari). Bayangkan bila hidup kita yang sekali-kalinya di dunia tapi ternyata harus mengalami hal seperti itu? Sangat menyedihkan sekali, bukan?

Karena itu Hijabers, jangan sampai kita termasuk orang-orang yang merugi atau hidup kita berakhir degan sia-sia. Janji Allah adalah pasti Nyata. Dan Lewat lisan utusanNya yang mulia, Allah telah mengabarkan pahala surga bagi siapapun dari kita yang rajin melakukan salat ashar dengan khusuk. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang mengerjakan salat bardain (yaitu salat shubuh dan ashar) maka dia akan masuk surga.” (HR. Bukhari dan Muslim). Rasulullah SAW juga bersabda, Tidak akan masuk neraka seorang pun yang mengerjakan salat sebelum matahari terbit dan sebelum matahari terbenam.” (HR. Muslim).

Semoga kita termasuk orang-orang yang menjaga kewajiban kita dengan rutin menjalankan mendirikan salat ashar. Semoga Allah juga menjaga selalu kita dari menjadi orang-orang yang lalai dan atau menganggap remeh pelaksanaan salat ashar ini. Aamiin.



RELATED ARTICLE