Sebuah Hari Mulia untuk Umat Muslim | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna P Sari Editor : BL

Sebuah Hari Mulia untuk Umat Muslim

333 kali dilihat

Hari Jum’at adalah harinya orang muslim. Hari ini juga adalah hari yang sangat mulia. Disebut mulia karena didalam hari Jum’at terkandung banyak peristiwa-peristiwa agung yang tidak dimiliki oleh hari-hari yang lainnya. Di hari Jum’at, adalah momen dimana Nabi Adam diciptakan, di keluarkan dari surga dan dimasukkan kembali. Allah SWT juga menciptakan dunia dan seisinya pada hari Jum’at. Begitu pula dengan hari kiamat yang mungkin juga akan terjadi di hari Jum’at.

Para laki-laki juga diwajibkan untuk melaksanakan sholat Jum’at ketika hari mulia ini datang. Allah berfirman dalam Al-Quran surat Jum’ah ayat 9, yang artinya sebagai berikut :

“Wahai orang-orang beriman, apabila diseru untuk shalat bersama-sama maka bergegaslah untuk mengingat Allah, serta hendaklah meninggalkan kesibukan, demikian itu merupakan lebih baik untuk kalian sekiranya kalian mengetahui.”

Hari Jum’at juga adalah waktu yang tepat bagi kita untuk berdoa. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Hari Jum’at itu dua belas jam. Tidak ada seorang muslimpun yang memohon sesuatu kepada Allah dalam waktu tersebut melainkan akan dikabulkan oleh Allah. Maka peganglah erat-erat (ingatlah bahwa) akhir dari waktu tersebut jatuh setelah ‘ashar.” (HR. Abu Dawud).

Dan masih banyak lagi kemuliaan yang digelar oleh Allah untuk kita dihari Jum’at ini. Karena itu, sangat disayangkan jika berbagai kebaikan dan kemuliaan di hari Jum’at ini justru tidak kita ketahui sebagai orang Islam itu sendiri. Jangan sampai, kita lebih lekat dengan pesan horor dan penuh mistik ketika memasuki hari Jum’at. Banyak dari kita juga yang melakukan ritual khusus diluar ajaran Islam yang sesungguhnya, atau mengunjungi tempat tempat keramat dengan harapan dapat memperoleh keberuntungan dan berkah.

Untuk itu Hijabers, marilah bersama-sama kita berbagai kebaikan di hari Jum’at karena terlalu sibuk mengurusi kepentingan dunia. Sehingga banyak momen hari-hari Jum’at sebelumnya yang telah berlalu begitu saja di hidup kita.

Hijabers, inilah saatnya memperbaiki diri dan amalan kita. Jangan sia-siakan waktu yang telah dikaruniakan Allah kepada kita. Hari ini kita masih bertemu dengan Jum’at yang mulia, tapi siapa yang bisa menjamin, bahwa minggu depan pun kesempatan yang sama akan kita dapati kembali. Karena itu, jangan menunda untuk memperbanyak doa dan melakukan kebaikan di hari mulia ini. Semoga rahmat dan pengampunan Allah senantiasa bersama kita dan untuk kita. Aamiin.



RELATED ARTICLE