Sedekah Yuk, Pren! | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Sedekah Yuk, Pren!

685 kali dilihat

(Diaryhijaber.com) - Siapa didunia ini yang nggak seneng di tolong? Pastilah semua ngarep banget pastinya. Apalagi buat mereka yang  hidup serba kekurangan. Orang dermawan bagi mereka adalah ibarat malaikat yang keliatan wujudnya.

Maha suci Allah yang telah memerintahkan kita buat ngelakuin amalan yang bernama sedekah, yang nggak cuma bikin orang lain happy, tapi kita juga ikutan dapat untung. Karena eh karena kebaikan dari sedekah ini justru kembali lagi ke kita loh say.

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui” (Al Baqarah : 261)

Sedekah itu investasi yang menguntungkan banget. Harta kita yang kita kasih ke orang laen, nggak bakal ilang, malah kalkulator malaikat dengan sangat ditel ngitungin semua ituh buat melipatgandakan semua jadi lebih banyak dan makin banyak. Investasi macam ini juga nggak kecampuran hal hal minus macam riba dan kawan kawannya, melainkan isinya cuman pahala, kebaikan dan kebaikan aja. Nggak perduli berapapun jumlah yang kita beri buat sedekah say, asalkan kita ikhlas ngasihnya karena Allah, semua akan menumbuhkan kebaikan. Dan sekali lagi, asiknya kitapun bakal ikut juga nikmatin semua itu.

“Tidaklah ada satu hari pun yang dilalui oleh setiap hamba pada pagi harinya, kecuali ada dua malaikat yang turun, berkata salah satu dari keduanya: Ya Allah berilah orang yang suka menginfaqkan hartanya berupa ganti (dari harta yang diinfaqkan tersebut), dan berkata (malaikat) yang lain: Ya Allah, berilah orang yang kikir kebinasaan (hartanya).” (HR.Bukhari dan Muslim)

“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezki yang sebaik-baiknya.” (QS. Saba’: 39).

Setelah ngeliat banyaknya keuntungan dan kebaikan yang dihasilkan dari sedekah, nggak heran kalo dulu sahabat Rasulullah berlomba lomba untuk memperbanyak sedekah. Nggak tanggung tanggung, bahkan mereka menyedekahkan  hartanya dalam jumlah yang sangat banyak. Ginih nih kisahnya,

Umar bin Khattab Radhiallahu’anhu berkata:
“Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam memerintahkan kami untuk bersedekah, maka kami pun melaksanakannya. Umar berkata: ‘Semoga hari ini aku bisa mengalahkan Abu Bakar’. Aku pun membawa setengah dari seluruh hartaku. Sampai Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bertanya: ‘Wahai Umar, apa yang kau sisakan untuk keluargamu?’. Kujawab: ‘Semisal dengan ini’. Lalu Abu Bakar datang membawa seluruh hartanya. Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam lalu bertanya: ‘Wahai Abu Bakar, apa yang kau sisakan untuk keluargamu?’. Abu Bakar menjawab: ‘Ku tinggalkan bagi mereka, Allah dan Rasul-Nya’. Umar berkata: ‘Demi Allah, aku tidak akan bisa mengalahkan Abu Bakar selamanya’” (HR. Tirmidzi)

Gaes, kita sebagai pengikut Rasulullah SAW dan yang percaya kalo Allah tuh yang ngasih kita rejeki dan yang memberi kita banyak kebaikan, harusnya emang perlu belajar buat nyontoh kebaikan yang telah Beliau dan sahabat sahabatnya lakukan. Kalaupun kita nggak punya banyak cukup harta buat di sedekahin ke orang laen, kita masih bisa kok kasih sesimple senyuman aja. Tapi senyum yang ramah ya cyiin, bukan yang malah nebar godaan, hee...

“Janganlah kamu meremehkan sedikitpun perbuatan ma’ruf, sekalipun kamu sekedar menemui saudaramu dengan wajah berseri.” (HR Muslim)

Bener banget sih jeng, gimana nggak coba pas kita ketemu temen, trus wajah kita cemberutt aja kaya kucing gagal move on. Pas udah move on, eh ternyata cuman di php in... wkwkkw.. ituh sakkitt pemirsaah.. saahh... saaah... saahhh heee... hal begituh sukses ngerusak suasana yang harusnya happy happy wae toh. Karena itu, sesimple senyum yang ikhlas aja buat temen kita tuh, bernilai dihadapan Allah.

Jadi jangan ragu buat berinvestasi dunia akherat dengan sedekah harta atau apapun yang kamu punya, say. Biar kita makin disayang Allah, harta kita juga makin berkah dan bertambah, kita juga makin disayang ama orang orang yang kita tolong, dan yang kita tolong juga bisa lebih bahagia. Selain itu, hmmm bener deh inner beauty kita bakal otomatis naek mendadak ya. Nggak percaya? Buktiin aja sendiri :)

 

(NayMa/diaryhijaber.com)







 



RELATED ARTICLE