Shaf Wanita Dalam Sholat | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna. P. Sari Editor : BL

Shaf Wanita Dalam Sholat

426 kali dilihat

(DiaryHijaber.com) - Sholat adalah ibadah yang utama dalam Islam. Sholat pula yang nanti akan di hitung pertama kali kelak di akherat. Karena itu, kita harus membaguskan kualitas sholat kita, salah satunya adalah dalam hal shaf sholat.

Taukah kita Hijabers, bahwa terdapat perbedaan antara Shaf laki-laki dan wanita dalam shalat berjama’ah. Hal ini seperti telah dijelaskan oleh Imam Nawawi, yaitu sebagai berikut:

  1. Jika seorang wanita menjadi imam bersama wanita, maka imam wanita tersebut berdiri di tengah-tengah shaf pertama.
  2. Jika seorang wanita menjadi makmum dari laki-laki, maka wanita tersebut berdiri di belakang imam, dan bukan berdiri di sampingnya.
  3. Apabila wanita shalat berjama’ah bersama laki-laki, maka shaf para wanita yang lebih utama adalah di shaf paling belakang, Seperti yang disabdakan oleh Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wasallam, (yang artinya)

Sebaik-baik shaf laki-laki adalah yang pertama dan seburuk-buruknya adalah yang terakhir. Sebaik-baik shaf wanita adalah yang terakhir dan seburuk-buruknya adalah yang pertama.” (HR. Muslim).

Oleh karena itu, jika kita menyusun shaf ketika berjama’ah bersama laki-laki, maka shaf tersebut harusnya dimulai dari belakang, dan bukan dari depan.

Selain itu kita juga harus memperhatikan tentang hal meluruskan, merapatkan, serta mengisi celah yang kosong dalam shaf sholat kita. Hal ini dapat dilakukan dengan menempelkan pundak dengan pundak dan mata kaki dengan mata kaki. Jika sudah begitu, InshaAllah sholat berjamaah kita akan lebih sempurna.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan, Luruskanlah shaf-shaf kalian, karena kelurusan shaf termasuk kesempurnaan shalat. (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Itulah beberapa hal yang terkait dengan shaf wanita dalam shalat berjama’ah. Semoga menjadi perhatian bagi kita agar kita senantiasa bisa menyempurnakan amalan shalat kita sehari- hari. Aamiin.

 



RELATED ARTICLE