Sholatlah Sebelum Di Sholatkan | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

Sholatlah Sebelum Di Sholatkan

428 kali dilihat

 

Mungkin ini adalah untuk kesekian kalinya kita dengar bahwa sholat adalah hal yang sangat penting untuk kita lakukan. Karena sebagai seorang muslim, sholat adalah tiang agamanya, dan adalah amalan yang pertama kali akan diperhitungkan nanti di hadapan Allah Ta’ala. 

Sholat juga adalah amalan yang diperintahkan langsung oleh Allah kepada Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi Wa sallam dan umatnya. Dan melihat begitu pentingnya ibadah satu ini, maka nggak heran bila kita meninggalkannya, berarti kita telah melakukan dosa yang sangat besar.

Sholat lima waktu juga ibarat aktivitas membersihkan diri yang kita lakukan sehari lima kali. Dan jika terus-menerus kita lakukan, maka sholat dapat menghapus dosa-dosa kita yang telah lalu.  Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,  “Tahukah kalian, seandainya ada sebuah sungai di dekat pintu salah seorang di antara kalian, lalu ia mandi dari air sungai itu setiap hari lima kali, apakah akan tersisa kotorannya walau sedikit?” Para sahabat menjawab, “Tidak akan tersisa sedikit pun kotorannya.” Beliau berkata, “Maka begitulah perumpamaan shalat lima waktu, dengannya Allah menghapuskan dosa.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Maka dari itu kawan, jangan pernah kita lalai dari menjaga sholat kita. Untuk apa hidup jika tidak ada akses lewat sholat dengan yang Maha menciptakan kita? Apa gunanya hidup bila bila tidak ada kehangatan dan kedekatan hati kita dengan yang Maha Kuasa atas kita? Bahkan seorang rakyat biasa pasti akan senang ketika bertemu dengan rajanya. Dia akan merasa sangat dimuliakan dan terhormat karena bisa langsung bertemu dengan Rajanya.

Lalu mengapa kita bisa biasa-biasa saja saat bertemu dengan Allah lewat sholat kita? Kawan, Allah adalah Raja dari segala Raja yang ada di muka bumi ini. Dialah pencipta segala raja, dan sesembahan para Raja di alam semesta ini? Lalu mengapa malah kadang kita sengaja meninggalkan pertemuan itu karena kesibukan yang lainnya? Begitu tidak hormatkah kita kepada Tuhan kita?

Kawan, jangan sampai ketika nafas kita telah berada di tenggorokan, baru kita menyadari kelalaian karena banyak meninggalkan sholat. Dan penyesalan kita akhirnya nggak berguna karena waktu kita sudah sangat terlambat. Maka kenapa nggak kita mulai sekarang saja untuk memperbaiki kualitas sholat kita, mumpung kita masih punya waktu? bukankah kita juga ingin ketika nanti hari pertanggungjawaban itu tiba, kita bisa dengan senang melihat kualitas sholat kita yang terjaga, karena kita yang selalu menjaganya. Bukankah hal itu akan lebih memudahkan diri kita sendiri di hari yang penuh kejadian sangat dahsyat itu?.

Maka jangan persulit diri kita sendiri, karena hanya orang yang kurang akal saja yang suka menyulitkan dirinya sendiri, dan atau membawa dirinya pada kehancuran dan penyesalan. Semoga Alllah memudahkan kita untuk menegakkan sholat lima waktu, dan senantiasa bersemangat merutinkannya, agar kita nggak termasuk orang-orang yang merugi. 

 

(NayMa) 

 



RELATED ARTICLE