Sumpeh Lo! | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

Sumpeh Lo!

185 kali dilihat

Kadang kalau bawaannya lagi asyik sama teman atau sahabat dekat, kita jadi yang rada-rada suka bocor aja nggak kenal rem. Hee... secara bercandaan dengan satu spesies itu memang menyenangkan, kawan!

Tapi kabar asyiknya adalah ternyata si malaikat di kiri kanan kita ini, tetap aja asyik nulis juga kalimat perkalimat yang kita ucapkan. Mau kita “bocor” kek atau udah ditambal sekalipun, dia mah nulis terus, cuek aja lagi.

Nah, kalimat yang sering kita ucapkan biasanya adalah bawa-bawa si sumpah tapi sayangnya bukan sumpah atas nama Allah, alias atas nama-nama yang lain-lain aja, suka-suka kita aja. Contoh gampang nih, sumpah demi bapak ibu gue, sumpah demi kucing gue yang udah almarhum, sumpah demi adik gue yang cantiknya kaya’ gue #GRlemparponi, dan lain sebagainya.

Dan ternyata saudara-saudara yang dirahmati Allah, hal yang begini nggak diperbolehkan lho dalam Islam. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Barang siapa yang bersumpah dengan selain Allah maka dia telah melakukan kesyirikan” (HR. Abu Daud)

Nggak nyangka ya, hal yang santai aja kelihatannya keucap sama mulut kita, ternyata ngefek luar biasa dihadapan Allah Ta’ala. Padahal kalau pada mau jujur nih, ucapan begitu juga kadang udah nggak bakal dipikirin lagi loh habis kita katakannya. Banyak dari kita yang pasti nggak nyangka banget bakal ngefek segini besarnya. Gimana nggak besar, secara Allah paling benci dengan yang namanya kesyirikan. Dan dosa syirik adalah termasuk dosa besar nomor pertama, alias paling puncak, kawan.

Belajar dari kejadian diatas, maka “bocor” boleh, tapi lalai jangan. Kita juga kudu perhatian dengan apa yang kita ucapkan, walaupun lagi bercanda dengan kawan sekalipun. Dan kalau memang saat itu kita butuh untuk bersumpah buat meyakinkan sesuatu dan atau menyatakan kalau yang kita bilang adalah benar, maka beginilah tuntunan Rasulullah teladan kita,

“Barang siapa yang hendak bersumpah maka hendaknya bersumpah dengan Allah atau jika tidak diam saja” (HR Bukhari)

Semoga hal ini jadi pengingat kita bersama, buat lebih perduli dengan bahaya lidah kita yang kadang suka kita lupakan atau kita anggap enteng aja. Apalagi kalau menyangkut tentang sumpah-sumpah yang kita ucapkan.

Dari Abu Hurairah radliyallahu ‘anhu dari Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya seorang hamba mengatakan suatu kalimat yang mendatangkan murka Allah Ta’ala yang ia tidak menaruh perhatian padanya namun mengakibatkannya dijerumuskan ke dalam neraka Jahannam”. (HR. Bukhari, tirmidzi, dan Ibnu Majah)

 

(NayMa)



RELATED ARTICLE