Tawakkal Bukan Hanya Pasrah | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

Tawakkal Bukan Hanya Pasrah

114 kali dilihat

Kita semua pasti sudah tahu bahwa ketika kita menginginkan atau mencita-citakan sesuatu, maka kita harus berusaha melakukan yang terbaik yang kita bisa untuk mewujudkannya, disertai dengan dan bertawakkal yang sekuat mungkin kepada Allah untuk segala urusan kita tersebut. Karena semua yang kita ingin tersebut nggak akan langsung turun dari langit dengan hanya sekedar kita bermimpi dan berkhayal diatas kasur saja.

Ngomong-ngomong soal bertawakkal, kita kadang banyak yang salah kaprah memaknai sebuah tawakkal ini, kawan. Tawakkal bukan hanya sekedar pasrah dan atau tanpa usaha dan kerja sama sekali untuk mengatasi semua masalah kita dan atau untuk memenuhi segala kebutuhan dan mimpi-mimpi kita. Tai justru kita giat melakukan usaha kita yang terbaik terlebih dahulu, dan lalu soal hasilnya kita menyandarkan hati kita kepada Allah saja.  

Dari Umar bin Al Khoththob radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu alaihi wasallam pernah bersabda, ”Seandainya kalian betul-betul bertawakkal pada Allah, sungguh Allah akan memberikan kalian rizki sebagaimana burung mendapatkan rizki. Burung tersebut pergi pada pagi hari dalam keadaan lapar dan kembali sore harinya dalam keadaan kenyang.” (Hr. Ahmad)

Dari hadist diatas kita bisa belajar bahwa di antara bukti bahwa kita melakukan sebuah sikap tawakkal yang benar, yaitu kita juga menyertai usaha seperti keadaan burung yang dijelaskan dalam hadits diatas.

Burung-burung itu juga melakukan usaha untuk menjemput rizki mereka. Mereka nggak hanya berdiam disarangnya saja, bermalas-malasan dan atau menunggu seseorang mengetok pintu rumahnya untuk mengantarkan makanan. Dan akhirnya burung-burung itupun bisa pulang dalam keadaan kenyang karena mendapatkan rizki dikarenakan mereka yang melakukan usaha keluar di pagi harinya, disertai hatinya yang bersandar kepada Allah.

Jadi kawan, jangan sampai kita menjadi pemalas dan lalu dengan gampang membenarkan sikap itu dengan dalih tawakkal. Allah tahu hati kita, dan kita sama sekali nggak bisa berbohong dihadapanNya. Lakukan yang terbaik yang kita bisa untuk mimpi kita seraya kita menyandarkan hati dan harapan kita kuat-kuat hanya kepada Allah saja, dan bukan kepada sesama makhluk.

InshaAllah dengan begitu kita akan mendapatkan kenyataan bahwa kebutuhan kita, mimpi dan harapan kita akan bisa terpenuhi. InshaAllah

 

(NayMa)



RELATED ARTICLE