Tentang Berbuat Baik Kepada Kedua Orang Tua Kita | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna. P. Sari Editor : BL

Tentang Berbuat Baik Kepada Kedua Orang Tua Kita

427 kali dilihat

(DiaryHijaber.com) - Manusia yang sangat berjasa besar dalam hidup kita adalah orang kita. Tanpa mereka kita tidak akan bisa tumbuh dengan baik seperti sekarang ini. Mereka lah yang tulus menerima dan memperlakukan kita dengan baik, saat mungkin dunia kebanyakan tidak perduli lagi dengan kita. Kasih sayang mereka seakan tidak pernah ada habis- habisnya, walau kadang perlakukan yang kita berikan kurang baik sebagai balasannya.

Begitu mulianya mereka para orang tua kita, sampai- sampai Allah Ta’ala berfirman kepada kita,

Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya.” (QS. Al Isra’: 23)

Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak.” (QS. An Nisa’: 36)

Katakanlah: “Marilah kubacakan apa yang diharamkan atas kamu oleh Tuhanmu yaitu: janganlah kamu mempersekutukan sesuatu dengan Dia, berbuat baiklah terhadap kedua orang ibu bapa.” (QS. Al An’am: 151)

 

Allah Ta’ala menggandengkan amal baik dalam berbakti pada orang tua dengan mentauhidkan-Nya dan larangan berbuat syirik. Ini semua menunjukkan besarnya arti amalan berbuat baik kepada kedua orang tua kita dihadapan Allah.

 

Dari ‘Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu. Beliau mengatakan, “Aku bertanya pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, ‘Amal apakah yang paling dicintai oleh Allah ‘azza wa jalla?’ Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, ‘Shalat pada waktunya’. Lalu aku bertanya, ‘Kemudian apa lagi?’ Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, ‘Kemudian berbakti kepada kedua orang tua.’ Lalu aku mengatakan, ‘Kemudian apa lagi?’ Lalu beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, ‘Berjihad di jalan Allah’.” Lalu Abdullah bin Mas’ud mengatakan, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memberitahukan hal-hal tadi kepadaku. Seandainya aku bertanya lagi, pasti beliau akan menambahkan jawabannya” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

Kawan, sudahkah hari ini kita membahagiakan orang tua kita hari ini, dan atau bagi kita yang jauh dari mereka, sudah kah kita sekedar bertanya lewat telepon tentang kabar mereka hari ini? Jangan terlalu sibuk dengan kesibukan diri kita sendiri, sehingga kita melupakan para orang tua kita, utamanya bagi mereka yang telah menginjak usia senja. Sayangilah mereka seperti mereka menyayangi kita di waktu kecil. Dimana kita dalam keadaan apapun, mereka tetap memperlakukan kita dengan istimewa, seakan mereka tak ingin sedetikpun kehilangan dan jauh dari kita.

 

Kawan, jika kita ingin hidup mulia, maka muliakan orang tua kita. Jika kita ingin hidup bahagia dan mendapat banyak kebaikan, berbuat baiklah kepada orang tua kita. Dan ingatlah pula pesan rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam, (yang artinya), Siapa yang suka untuk dipanjangkan umur dan ditambahkan rizki, maka berbaktilah pada orang tua dan sambunglah tali silaturahmi (dengan kerabat).” (HR. Ahmad).

 

Jangan pula lupa untuk selalu berakhlak baik dengan mereka, walau bagaimanapun keadaan mereka. Karena kitapun harus mengingat bahwa jasa mereka adalah sangat besar kepada kita. InshaAllah, dengan ini kita akan beroleh surga Allah sebagai balasannya.

 

Dari Thaisalah bin Mayyas,  ia berkata bahwa Ibnu Umar pernah bertanya, “Apakah engkau takut masuk neraka dan ingin masuk surga?” ”Ya, saya ingin”, jawabku. Beliau bertanya, “Apakah kedua orang tuamu masih hidup?” “Saya masih memiliki seorang ibu”, jawabku. Beliau berkata, “Demi Allah, sekiranya engkau berlemah lebut dalam bertutur kepadanya dan memasakkan makanan baginya, sungguh engkau akan masuk surga selama engkau menjauhi dosa-dosa besar.”

 

Semoga Allah memudahkan diri kita untuk selalu berbakti kepada orang tua kita. Serta kita dijauhkan Allah dari sikap mendurhakai keduanya. Aamiin.

 

 



RELATED ARTICLE