Tips agar Hijabers Lebih Mantap dalam Berhijab | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Tips agar Hijabers Lebih Mantap dalam Berhijab

939 kali dilihat

Bagi mereka yang sebelumnya belum pernah menutup aurat, memakai hijab adalah sebuah keputusan besar dan sulit. Dalam pikirannya, banyak hal yang akan berubah dan harus dirubah. Namun alhamdulillah, mereka tetap melakukannya walau masih dengan sedikit rasa khawatir. Untuk itu kali ini kita akan membagi sedikit tips untuk siapapun Hijabers disana yang baru memakai hijab, atau masih berniat untuk memakai hijab, agar lebih siap dan semakin memantabkan hati agar merasa nyaman dalam keseharian.

 

  1. Niatkan menutup aurat hanya karena Allah Ta’ala saja

Niat baik dari kita, kadang tidak selalunya mengundang reaksi yang baik dari orang-orang disekitar kita. Termasuk juga ketika kita ingin mengenakan hijab. Para haters, atau orang-orang yang suka membenci itu kadang tidak tinggal diam untuk lalu merongrong kita agar kita merasa ragu dengan keputusan yang akan atau telah kita ambil. Kalimat seperti “yang penting hati dulu yang berhijab. Percuma kan kalo berhijab tapi tidak sholihah.”Terkadang membuat kita berpikir ulang untuk meneruskan niat kita untuk memakai hijab. Alhasil, kita akhirnya tidak jadi memulai langkah perbaikan diri tersebut.

Karena itu, beribadah memang sudah seharusnya kita lakukan dengan niat Lillahi Ta’ala saja. Seperti sabda Rasulullah SAW, “Barang siapa yang melakukan sesuatu amal yang bukan perintah kami (Allah dan RasulNya), maka amalan itu tertolak.” (HR. Muslim).

Jika seseorang sudah taat, patuh, mengerti dan meresapi tentang wajibnya apapun perintah Allah, maka dia akan mudah mengesampingkan pendapat manusia. Walaupun mungkin dalam ibadah yang dia lakukan masih terdapat kekurangan, tapi yang dia butuhkan hanyalah ridho Tuhannya dan bukan pendapat orang- orang disekitarnya. Hari-harinya  hanya akan sibuk memperbaiki diri. Maju kedepan dengan lebih baik, tanpa punya niatan untuk melangkah lagi kebelakang. Rasa taatnya, takutnya, hormatnya hanyalah untuk Robb satu satunya saja. Dan hati yang sudah terisi penuh dengan semua itu, maka tidak akan mungkin bisa terfokus pada yang lain.

  1. Ketahuilah bahwa mereka yang Berhijab, adalah mereka yang unik dan Percaya diri

Menjadi cantik saja, kadang tidak cukup bagi seorang wanita. Mereka harus punya rasa percaya diri, agar kecantikan itu tetap ada di dalam dirinya. Dan salah satu ciri orang yang percaya diri adalah bangga dengan identitasnya, walaupun dia hidup di lingkungan yang sama sekali beda dengannya. Pemikiran seperti inilah yang dimiliki oleh mereka yang berhijab. Mereka tidak ragu, minder atau merasa rendah diri untuk menunjukkan pada dunia tentang identitas mereka sebagai muslimah.

Demikian juga ketika yang banyak orang berkata bahwa berhijab itu ribet, maka para Hijabers diluaran sana telah membuktikan untuk bisa mendaki gunung sampai puncak, dan atau malah menjadi pilot pesawat tempur. Inilah keunikan mereka yang tidak dimiliki wanita- wanita yang lain. Mereka para Hijabers sangat paham sekali bahwa “Maa anzalna alaykal qur’aana li tasqaa.” (Sungguh Kami turunkan Al-Qur’an tidak untuk menyusahkanmu). Allah menciptakan hukum Islam bukan untuk menyulitkan, melainkan untuk melindungi kita para hambaNya. Jilbab dan kerudung justru adalah ibarat perisai bagi muslimah, menutup aurat supaya terjaga dari pandangan pria yang bukan muhrimnya.

Hal seperti ini seharusnya membuat kita berpikir dan semakin memantabkan niat kita untuk bisa memulai berhijab. Karena hanya mereka para Hijabers yang cerdas, unik, berilmu dan punya kelebihan positiflah yang mampu melakukan semua itu. Dan bukankah kita juga ingin menjadi yang seperti itu?

  1. Tahukah kita bahwa Mereka yang berhijab adalah pemenang ?

Ketika banyak wanita masih asyik bergelut dengan nafsu mereka dalam mempertontonkan kecantikan dan mengumbar aurat, maka para Hijabers telah berpikir jauh kedepan, yaitu mengalahkan nafsu mereka sendiri, dan hidup tidak hanya sebatas dunia fana ini saja. Dengan berhijab, mereka itu sedang taat. Dengan berhijab mereka itu sedang memenuhi kewajiban yang akan dipertanggung jawabkan diakhirat kelak.

Mereka bisa mengalahkan pendapat banyak orang tentang image jelek yang dibangun dan disebarkan oleh para pembenci tentang islam dan hijab para muslimahnya. Mereka tetap senantiasa baik dan selalu berusaha untuk tetap istiqamah dalam ketaatannya kepada Allah. Karena itu, tidak heran bila  para muslimah itu disebut sebagai pemenang sejati dari keadaan, serta pemenang sejati dari hawa nafsu mereka sendiri dan pemenang dari godaan setan di dunia ini. Dan bukankah kita juga ingin seperti mereka, menjadi pemenang sejati?

 

Karena itu mengapa harus menunda untuk berhijab, kawan? Dunia kita tidak akan berubah seribet apa yang kita pikirkan. Karena Allah tidak akan mungkin merepotkan para hamba- hambanya, dan atau membawa kita dalam kesulitan. Justru dengan ketaatan, akan banyak hal baik yang kita temukan dan kita rasakan. Keteduhan itu ada dalam hijab kita, kebaikan, kesejukan hati dan iman itu ada didalam hijab kita. Lalu kenapa harus menundanya lebih lama?

 

 

 

 

 

 

Writer : Ratna P Sari

Editor : BL 



RELATED ARTICLE