Tips Asyik Buat Meminta Maaf | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

Tips Asyik Buat Meminta Maaf

220 kali dilihat

Meminta maaf bukanlah pekerjaan mudah. Apalagi kalau dulunya kesalahan yang kita buat itu ternyata membekas banget bagi orang yang kita sakiti itu. Lalu gimana ya enaknya cara meminta maaf tanpa harus membuat masalah yang baru? Tips kali ini mungkin bisa membantu

  1. Jangan memaksakan dia untuk memaafkan

Sikap kita buat minta maaf itu sudah sangat baik. Butuh keberanian memang buat melakukan itu. Apalagi kalau kesalahan yang kita lakukan dulu ternyata nggak kecil buat yang kita sakiti. Tapi jangan lantas kita membuat kesalahan baru dengan meminta kepastian bahwa orang tersebut juga harus memaafkan. Hey, kalau kita di posisi dia juga pasti sulit loh. Sadarilah saja kalau memang kita sudah minta maaf tapi dia juga butuh proses buat memaafkan kita. Tetap saja berbuat baik dan menunjukkan rasa penyesalan kita serta keseriusan kita kalau kita benar-benar menyesal atas kesalahan yang kita buat. Nanti lama-lama dia juga akan melihat keseriusan kita itu, kok. Selanjutnya doakan saja agar Allah membuka pintu hatinya buat bisa memaafkan kita. Jadi, jangan pakai maksa!

  1. Sampaikan dengan cara yang santun

Ada gitu orang minta maaf tapi pakai acara marah-marah lagi? Ada lah. Nah yang begini yang namanya nggak tahu diri. Secara dia dulu udah buat sakit, eh sekarang judulnya katanya minta maaf, tapi malah menyakiti buat yang kedua kali. Ya dijamin orang yang dimintai maaf bakal ngacir ambil langkah seribu. Alias pergi. Dan tinggallah si yang “nggak tahu diri” itu ngobrol sama tembok.

Kawan, posisi orang yang salah itu memang yang nggak enak. Tapi ingatlah bahwa itulah konsekuensi dari perbuatan kita sendiri. Jadi memang kudu bisa berbesar hati dan mau mengakui kesalahan kita sendiri. Kalau nggak mau begini, ya harusnya dulu sebelum berbuat salah dan atau menyakiti orang lain harusnya kita bisa berpikir seribu kali.

Maka jangan berbuat aneh dengan berbuat salah dua kali. Apalagi pakai acara marah-marah yang nggak asyik saat minta maaf. Sampaikan permintaan maaf kita dengan bahasa yang santun dan indah, yang menunjukkan kalau kita benar-benar serius menyesali perbuatan kita karena telah menyakiti dia.

  1. Terima resikonya

Acara minta maaf memang nggak selalunya lancar jaya. Banyak mungkin mereka yang merasa kadung tersakiti banget yang bahkan akan meluapkan rasa sakit hati mereka pada kita. Dan lalu gimana sikap kita? Terima. Diam saja, dan dengarkan saja. Justru saat itu kita nggak boleh balik marah sama dia. Dengarlah dan lalu bilang ke diri sendiri, “sampai seperti itulah efek kita meyakiti orang tersebut. Dia sampai sesakit itu loh ternyata”. Dari sana kita tahu kalau yang kita perbuat ke dia itu jahat. Dan semoga dengan itu bisa menjadi shock therapy buat kita biar bisa memperbaiki diri dan nggak berbuat kesalahan yang sama kembali.

  1. Tunjukkan penyesalan kita

Kadang orang yang kita meminta maaf kepadanya, memang nggak akan bisa memaafkan kita saat itu juga. Tapi dengan berjalannya waktu, dan apalagi kalau kita senantiasa berbuat baik dan menunjukkan bahwa kita benar-benar memperbaiki diri, maka akhirnya dia bisa lebih terbuka hatinya untuk memaafkan kita. Dia hanya ingin melihat keseriusan kita yang lebih dari sekedar kata-kata. Karena itu tunjukkanlah sikap kalau kita ini benar-benar menyesal karena telah berbuat salah kepadanya dimasa lalu kita

  1. Tetap berdoa kepada Allah agar dia bisa memaafkan kita

Hati manusia itu ada dalam genggaman Allah. Jadi Allah punya yang akan membukakan pintu kesadaran bagi orang itu atau nggak buat memaafkan kita. Maka nggak salah banget kalau kita juga memohon bantuan kepada Allah agar dia yang kita sakiti tersebut bisa dengan rela memberikan maafnya kepada kita. Biar kitapun juga bisa merasa lega karenanya. Jadi jangan lupakan Allah  dalam mencari jalan keluar untuk masalah kita ini.

 

(NayMa)



RELATED ARTICLE