Ucapan Terima Kasih dalam Islam Membawa Makna Keberkahan | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna P Sari Editor : BL

Ucapan Terima Kasih dalam Islam Membawa Makna Keberkahan

708 kali dilihat

Seperti kita tahu, Islam tidak hanya mengajarkan untuk membangun hubungan baik dengan Allah sang maha kuasa. Namun Islam juga adalah agama yang penuh kesopanan dan kasih sayang kepada sesama manusia. Salah satunya adalah sopan dalam membina hubungan baik antar sesama muslim.

Penerapan dari semua itu diantaranya adalah adanya ajaran kepada para pemeluknya untuk selalu berterima kasih ketika mendapatkan pemberian, perhatian, serta perlakuan baik dari orang lain. Bahkan ucapan dan sikap berterimakasih ini dijadikan indikator apakah seseorang bisa bersyukur kepada Allah atau tidak atas nikmat-nikmat dariNya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidak dikatakan bersyukur pada Allah, siapa yang tidak tahu berterima kasih kepada sesama manusia.” (HR. Tirmidzi dan Abu Daud).

Dalam hadits yang lain disebutkan “barang siapa tidak berterima kasih kepada manusia, dia tidak berterima kasih kepada Allah.” (HR. Ahmad).

Hijabers, kita biasanya mengucapkan terima kasih kepada orang lain dengan menggunakan bermacam-macam bahasa, diantaranya “terima kasih”, “thank you”, “syukran” dan lain-lain. Namun tahukah kita bahwa ada satu ungkapan terima kasih yang justru dianjurkan untuk diucapkan kepada sesama muslim? Ucapan tersebut adalah jazaakallah khairan. Ucapan ini tidak hanya sekedar baik, namun juga berisi doa yang penuh kebaikan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Barangsiapa diperlakukan baik oleh orang lain kemudian ia berkata kepadanya jazaakallah khairan (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka ia telah memujinya dengan setinggi-tingginya." (HR. Tirmidzi, Al Albani).

Dalam hadits lain disebutkan :

“Jika seseorang berkata kepada saudaranya jazaakallah khairan (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka ia telah memujinya dengan setinggi-tingginya." (HR. Thabrani, Al Albani).

Karena itu, mari banyak-banyak kita doakan kebaikan untuk mereka yang telah menolong atau berbuat baik kepada kita dengan mengucapkan hal yang baik, sekaligus ungkapan terimakasih yang bernilai lebih dihadapan Allah tentunya. Semoga kita dimudahkan Allah untuk membiasakan amal baik ini dalam keseharian kita. Aamiin.



RELATED ARTICLE