Yang Bisa Tidur Nyenyak Hanyalah Yang Tenang Batinnya Saja | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

Yang Bisa Tidur Nyenyak Hanyalah Yang Tenang Batinnya Saja

148 kali dilihat

Dunia, dan segala isinya itu sangat menggoda sekali. Pernak-perniknya seakan nggak berhenti membuat mata dan hati kita tergoda karenanya. Nggak ada satupun manusia yang sama sekali nggak punya ketertarikan pada bling-bling dunia itu. Selama judulnya dia masih manusia, maka selamanya dia akan tetap butuh kebutuhan dunia. Semua itu sungguh sangat manusiawi sekali.

Tapi, kadar ketertarikan itu porsinya berbeda-beda pada tiap-tiap manusia. Ada orang yang dengan sedikit saja hal dunia, merasa sudah cukup puas. Tapi ada juga yang bahkan sampai rela menghamba dan menghabiskan seluruh hidupnya untuk “mengabdi” keada harta dunia.

Untuk kriteria yang kedua ini logisnya untung yang diraihnya seharusnya lebih banyak. Ya nggak sih? Tapi ternyata nggak selalu seperti itu. Kebanyakan pelakunya akan lebih pada satu hal, tapi kurang banget pada hal lain. Mereka berlimpah harta, namun kurang pada satu sisi yang lain. Salah satunya adalah kedamaian batinnya.

Hal ini nggak lain kebanyakan adalah karena kesalahannya yang hanya berfokus pada memperbanyak jumlah, tapi melupakan pada poin memperbanyak berkah. Maka jadilah, harta yang banyak itu malah semakin membuatnya pusing, kurus dan nggak damai. Padahal tempat tidurnya nyaman, rumahnya luas, makanan buat besok ada, nggak punya tanggungan utang dan lain-lain. Tapi nggak tahu kenapa masih saja butuh obat tidur, hanya untuk sekedar bisa tidur nyenyak.

Ternyata, harta yang sesungguhnya letaknya adalah pada ketenangan batin kita, kawan. Yaitu batin yang tenang karena selalu dekat kepada Robb penguasa hidup kita. Bahkan ketika kita nggak memilliki harta dunia terlalu banyak, kita juga tetap tenang. Karena iman kita akan bilang jika Allah memberi kita hidup, maka pasti rejeki dunia ada pada daftar harian kita. Rejeki itu juga bisa saja datang dari tempat yang nggak disangka-sangka.

Kita pun juga jadi yakin bahwa Yang Maha Kaya dan Maha Kuasa sangat berkuasa atas hidup kita. Jadi kita yakin bahwa sebenarnya akan sangat mudah bagi Robb kita untuk memudahkan jalan hidup kita mendapatkan rejeki dunia. Tapi kalau pun mungkin yang kita dapat jumlahnya masih saja kurang, kita pun tetap akan berbaik sangka kepada Allah. Karena Allah menciptakan diri kita bukan untuk menyiksa kita. Ya iyalah, kalau memang Allah cuma mau sekedar menyiksa, akan sangat gampang bagiNya untuk melakukan itu. Tapi Dia adalah Maha Penyayang dari semua yang pernah menyayangi kita di dunia ini.  

Setelah harta berupa ketenangan batin itu ada ditangan kita, kita lho bisa tidur lebih nyenyak, lebih damai dan lebih sehat. Ditambah lagi acara berteman dengan berbagai penyakit “keren” seperti jantung, darah tinggi dan kawan-kawannya itu juga InshaAllah nggak terjadi pada diri kita. Asyik banget, kan ya?

Jadi kalau masih ada diri kita yang sekarang ini masih sekedar sibuk saja menumpuk harta dunia, dan melupakan keridhoan Allah dalam mendapatkan semua itu, mending buru-buru di selesaikan deh itu semua. Secara, yang ada selanjutnya adalah acara menyiksa diri kita sendiri. Bahkan sekedar tidur nyenyak pun akan susah kita dapati karena banyaknya PR yang kita buat sendiri karena harta-harta itu. Hidup hanya sekali kawan, lagi pula walaupun kita memang butuh harta, tapi kalau semua nggak berkah akhirnya malah akan jadi musibah. Udah gitu nggak kita bawa mati pula, tapi akan dihisab dengan detail nanti di akhirat oleh Allah. Nah lho, jadi makin panjang kan urusannya?

Ketenangan batin adalah yang paling utama, kawan. Dan ketenangan batin itu pula adalah harta kita yang berharga yang sesungguhnya.  

 

(NayMa)



RELATED ARTICLE