Yang Cantik Dan Berilmu | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Yang Cantik Dan Berilmu

497 kali dilihat

(Diaryhijaber.com) - Ngomong sama orang yang punya ilmu tuh asik, waktu serasa cepet banget berlalu tapi kita masih bengong kita di buatnya. Contoh kecilnya aja, orang yang hafal Al Quran atau ratusan bahkan ribuan hadist nabi. Kalo ngejelasin sesuatu, bisa ampe panjaaaang, dan semuapun berbobot. Pas dia udah selesai, kita masih aja belum selesai... bengongnya. Gue pribadi sih kalo ketemu yang beginian, ngarep banget semoga dia punya bluetooth diotaknya, jadi bisa ditransferin dikit ke gue gituh. Lumayan kan...?? wkkwkwkwk....

Orang yang berilmu juga beda perilakunya. Walopun emang sih, banyak juga yang udah sarjana, tapi masih norak pun. Ok, abaikan para oknum inih eaa... yang mau kita bahas adalah orang yang ilmunya tuh meresap banget di dia. Ngomongnya isinya juga beda, apalagi yang dipraktekin bener bener bu, pastinya dia akan enak buat di jadiin temen. Kita yang masih dudul dudul ini, pas udah sering bergaul ama dia jadi rada ikutan bening aja bu. Rada ngikut pinteran dikit gitu akhirnya.

Orang yang berilmu pun, kualitas hidupnya beda bu. Contoh aja nih dokter. Karena dia pernah sekolah, dan cari ilmu, pas cari penghidupan pun akhirnya bisa banget. Hasilnya, anak keturunannya pun akhirnya juga ikutan bahagia karena berkah ilmunya dia nih. Asiik banget kan???

Orang yang berilmu pun hubungan sama Allah dan sama manusiapun indah bu. Secara, dia paham tentang aturan dan larangan Allah. Dan kalo dia ngeresapin itu semua, gimana nggak indah coba say???

“Hai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majelis", maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan” (Al Mujadilah : 11)

Gaes, emang bener banget kalo segitu istimewanya orang yang berilmu dihadapan Allah. Ilmu dalam islam adalah sangat utama. Bahkan setelah adam diciptakan dulu, yang pertama dikasih sama Allah buat Adam adalah ilmu.

“Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada para Malaikat lalu berfirman: "Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu memang orang-orang yang benar!  Mereka menjawab: "Maha Suci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami; sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana" (Al Baqarah 31-32)

Ayat yang dulu diturunkan Allah buat Rasulullah SAW, juga adalah perintah buat membaca. Dan seperti semua orang tau gaes, kalo membaca itu emanglah sarana kita buat dapat banyak ilmu.

Gaes, kalo Allah bisa naikin derajat orang yang berilmu, maka Allah juga nggak seneng sama orang yang bodoh.

"Sesungguhnya binatang (makhluk) yang seburuk-buruknya pada sisi Allah ialah; orang-orang yang pekak dan tuli yang tidak mengerti apa-apapun." (Qs. Al Anfal : 22)

“...Sesungguhnya Aku memperingatkan kepadamu supaya kamu jangan termasuk orang-orang yang tidak berpengetahuan" (Qs. Hud : 46)

Karena itu, nggak heran kalo mereka yang taat pada Allah, merekapun juga serius mencari Ilmu. Sehingga jadilah mereka tokoh tokoh besar yang jasanya gede banget buat dunia. Contoh aja, Ibnu sina atau bapaknya ilmu kedokteran, Ibnu khaldun atau bapak sosiologi kita, dan laen laen, dan sebagainya.

Gaes, ilmu itu ibarat mercusuar, yang saat malam tuh semua gelap, tapi dia kasih kita terang. Ilmu ngasih jalan kita, kemana arah kita pergi. Tapi satu yang kudu kita ingat juga, ilmu emang menerangi kalo ilmu kita bener menurut Allah gaes, kalo macam Charles darwin dengan teori evolusi yang nge delete peran Allah dalam menciptakan semesta dan manusia, trus Karl Max yang bilang kalo agama ituh candu, jadi lebih baek lo nggak usah beragama sekalian, ato ato Nietzsche yang dengan sante malah ngumumin kematian tuhan, heleeeh.. ilmu yang begituh mah justru ngebuat kita nggak makin jelas say.

Jadi bu nuntut ilmu emang perlu banget, tapi berhati hati dengan ilmu yang kita milikin juga nggak kalah penting. Wokey!!!

So, gaes buat siapapun kita yang hare gene masih hobi bolos sekolah, yang kuliah tapi bangga punya status mahasiswa abadi saking demen maen mulu’, ato yang masuk pesantren tapi nggak serius belajar, woooy.....!!

Pergi kau ke ujung dunia
Hipotermia dikutub utara
Hilang di segitiga bermudaaaa
Dan jangan kembali
#kokjadinyanyigue
#Inijudulnyaparasit

Gaes, sekolah itu nggak bisa semua orang gapai.  Ilmu itu juga nggak bisa semua orang dapat. Tapi giliran kita udah dapat kesempatan, dienakin dengan waktu yang lapang dan fasilitas yang tersedia, tapi kitanya malah asik asik nggak serius. Menurutmuuuuu????

Padahal diluar sana banyak tuh adek adek kita yang pengen lulus SD aja, rela buat “maen akrobat” dulu diatas jembatan tali yang bawahnya sungai bu. Ato yang kudu naek kapal berapa kilo baru sampe di skulnya yang sederhana, ato yang lewati gunung mendaki lembah sungai mengalir indah ke samudra #Ninja hatori

Ok, skip...

Perjuangan mereka serius banget buat jadi pinter dan punya ilmu. Jadi, sebagai cewek yang cerdas bu, jangan sampai kita termasuk genk orang orang yang cuma bisa hura hura buang waktu dan kesempatan, trus lupa mencari ilmu. Setujuh saay????

 

(NayMa/diaryhijaber.com)



RELATED ARTICLE