Yuk Cari Arti dari Sujud Dalam Tahajud | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Yuk Cari Arti dari Sujud Dalam Tahajud

608 kali dilihat

Ketika banyak orang tengah terlelap, ketika banyak jiwa yang tengah bermimpi, mereka menangis mengharap ridho dan ampunan Robb nya. Kepala mereka lekat dengan sajadah, mata mereka sembab, lisan mereka berdzikir dan senantiasa mengharap ridhoNya, dan hatimerekapun akhirnya melembut.

 “Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam; dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah).” (Adz-Dzaariyaat/51: 17-18)

 “Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, sedang mereka berdo’a kepada Rabb-nya dengan rasa takut dan harap, dan mereka menafkahkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Seorang pun tidak mengetahui apa yang disembunyikan untuk mereka yaitu (bermacam-macam nikmat) yang menyedapkan pandangan mata, sebagai balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.” (As-Sajdah:16-17)

Mereka adalah manusia yang hatinya lekat dengan Allah. Mereka lah yang senang menghidupkan sepertiga malam mereka dengan tahajud. Maha suci Allah yang telah menganugrahkan kekhusukan itu di hati mereka. Tanpa pertolongan Allah tentulah batin mereka akan mengeras dan lalai dari mengingat robbNya.

Hijabers, sholat tahajud memang terasa begitu nikmat. Jiwa yang kosong seperti kembali terisi dan semangat yang hilang kembali ke dalam diri. Sungguh suatu keajaiban yang di luar nalar. Karena akal manusia pun tak lagi mampu mengetahui bagaimana caranya. Hanya tuhan yang maha kuasa yang kuasa membuat cara agar semua itu terjadi.

Abu Hurairah Radhiyallahu anhu berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihiwa sallam bersabda:

"Syaitan mengikat di pangkal kepala seseorang darimu saat ia tidur dengan tiga ikatan yang pada masing-masingnya tertulis, ‘Malammu sangat panjang, maka tidurlah!’ Bila ia bangun lalu berdzikir kepada Allah, maka satu ikatan lepas, bila ia berwudhu’ satu ikatan lagi lepas dan bila ia salat satu ikatan lagi lepas. Maka di pagi hari ia dalam keadaan semangat dengan jiwa yang baik. Namun jika ia tidak melakukan hal itu, maka di pagi hari jiwanya kotor dan ia menjadi malas.” ( HR. Al-Bukhari dan muslim)

Ibnu Hajar berkata: Apa yang terungkap dengan jelas dalam hadits ini adalah, bahwa salat malam memiliki hikmah untuk kebaikan jiwa walaupun hal itu tidak dibayangkan oleh orang yang melakukannya.”

Karena itu Hijabers, mari kita isi sepertiga malam kita dengan salat dan berdzikir kepada Allah. Karena semua kebaikan itu akan kembali kepada kita. Semua manfaat, kedamaian, dan ketenangan itu akan menjadi milik kita. Dan bukankah memang hal itu yang selama ini kita cari dalam hidup? Semoga dengan istiqomah melaksanakan salat malam, rahmat Allah juga senantiasa menaungi hidup dan hari hari kita. Persis seperti yang telah dipesankan Rasulullah SAW yang mulia.

Semoga Allah merahmati seorang suami yang bangun di waktu malam lalu shalat dan ia pun membangunkan isterinya lalu sang istri juga salat. Bila istri tidak mau bangun ia percikkan air ke wajahnya. Semoga Allah merahmati seorang isteri yang bangun di waktu malam lalu ia salat dan ia pun membangunkan suaminya. Bila si suami enggan untuk bangun ia pun memercikkan air ke wajahnya.” (Hr. Abu dawud, an Nasai, ibnu majah)

 

 

 





Writer : Ratna P Sari

Editor : BL



RELATED ARTICLE