Yuk Ke Tanah Suci Selagi Kita Masih Mempunyai Kesempatan | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Yuk Ke Tanah Suci Selagi Kita Masih Mempunyai Kesempatan

468 kali dilihat

Ibadah haji adalah termasuk dalam Rukun Islam. Sebagai seorang muslim sudah selayaknya memenuhi kewajiban tersebut jika mampu melaksanakannya. Namun ada sebagian dari kita yang masih muda, yang sudah lapang secara materi, waktu dan tenaga, tapi malah memilih sibuk dengan ramainya urusan dunia, dan mengesampingkan kewajiban itu. Kita berdalih, umur masih panjang, waktu masih banyak, dan kesempatan masih lama.

Padahal pada kenyataannya, ibadah haji tidak hanya membutuhkan niat yang kuat melainkan juga fisik dan mental yang prima. Dan kita yang masih muda seharusnya banyak menyadari tentang hal itu. Walaupun materi berlimpah, dan keinginan kita kuat, tapi jika kita telah terlanjur tua maka paling perjalanan kita tidak akan seprima jika kita masih muda dan kuat seperti saat ini bukan? Apalagi perjalanan dari tanah air menuju Mekkah dan Madinah, menempuh jarak yang tidak dekat. Dan semua itu juga membutuhkan waktu serta kesabaran dari diri kita.

Selain itu, jika fisik kita masih kuat dan muda kita bisa beribadah sambil menolong anggota jamaah lain yang mungkin sudah lebih tua dari kita. Ini bisa jadi nilai lebih buat kita selama beribadah di tanah suci, Hijabers.

Pergi ke tanah suci di usia muda juga akan memberi pengaruh baik dalam hidup kita. Pastinya kita merasa jadi lebih dekat dengan Allah, dan selanjutnya kita bisa menata hidup kita dengan kualitas yang lebih baik. Hal ini pastinya beda dengan mereka yang hanya bersenang-senang dengan dunia saja. Mungkin merasa senang dalam hati, tapi tidak dalam mendapatkan hal yang bernama kedamaian. Karena “... Ingatlah, Hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tentram.” (QS. Ar-Ra'd : 28)

Menjadi tamu Allah adalah sebuah kesempatan yang istimewa Hijabers. Tidak semua orang bisa mendapatkannya. Karena itu, ketika Allah sudah melapangkan banyak hal untuk kita entah itu dalam hal materi, kesehatan dan waktu, demi bisa melangkah ke sana, sebaiknyalah kita mantabkan niat kita untuk menyambutnya.

Dan ketika telah sampai di sana, hayati benar benar tentang ibadah kita, dan kesungguhan kita untuk lebih mendekat kepada Allah. Jangan malah terfokus untuk berpariwisata dan atau sekedar mendapatkan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Siapa tahu kesempatan yang kita dapat kala itu, adalah yang pertama dan yang terakhir. Panjatkanlah doa sebanyak banyaknya agar Allah senantiasa mengampuni diri kita. Perbanyaklah ibadah agar Allah memberikan ketenangan lahir dan batin bagi kita.  

Dan untuk kita yang sudah sangat ingin pergi ketanah suci, namun mungkin masih belum mampu dan atau masih jauh dari mendapatkan kesempatan untuk pergi, yakinlah kawan bahwa kuasa Allah itu meliputi langit dan bumi. Jika kita berusaha dengan sekuat tenaga untuk mengumpulkan rejeki yang halal dan berkah, insha Allah Ia akan senantiasa membantu kita. Yakinlah, bahwa Allah tidak akan pernah menolak doa hambanya yang ingin berbuat baik. Ia Maha tahu, apa yang kita inginkan. Tapi Ia juga Maha tahu kapan waktu yang tepat bagi kita untuk bisa mendapatkan apa yang kita inginkan tersebut.

Tetap semangat Hijabers, tetap kuatkan niat kita. Semoga Allah mempermudah semua keinginan baik kita ini. Dan kita diberikan kesempatan untuk merasakan nikmatnya beribadah di tanah suci. Amiin.




Writer : Ratna P Sari

Editor : BL



RELATED ARTICLE