5 Alasan Bahwa Yoga Dapat Menenangkan Pikiran | DiaryHijaber.com

Writer : SM Editor : Someone

5 Alasan Bahwa Yoga Dapat Menenangkan Pikiran

491 kali dilihat

Setelah seharian beraktifitas tubuh dan pikiran menjadi lelah. Belum lagi pekerjaan atau berbagai masalah dalam kehidupan yang membuat merasa tidak nyaman. Alhasil, pikiran sedikit terganggu dan tidak tenang. Hal ini yang menyebabkan munculnya pikiran-pikiran negatif hingga kecemasan.

Tahu kah Anda, bahwa pikiran yang tidak tenang akan mempengaruhi kesehatan tubuh. Yap, beberapa orang dapat merasakan efek buruk akan pikiran yang tidak tenang. Misalnya, bisa saja pikiran tidak tenang bisa mempengaruhi nafsu makan dan pola tidur. Hingga akhirnya, menyebabkan Anda menjadi sakit dan merusak mood.

Banyak cara untuk menenangkan pikiran, salah satunya dengan olahraga. Dengan olahraga, secara otomatis tubuh akan memberikan suatu ketenangan pada pikiran Anda. Jika Anda enggan melakukan olahraga berat, maka yoga bisa menjadi pilihan.

Yoga merupakan olahraga yang mengutamakan ketenangan. Walaupun hanya dalam sebuah keseimbangan tubuh, ternyata semua berawal dari pikiran lho Hijabers. Agar Anda lebih tertarik untuk olahraga yoga, coba lihat dulu 5 alasan yoga dapat menenangkan pikiran Anda.

Teknik Mengatur Pernapasan

Dalam yoga, Anda harus mengetahui akan sistem dan cara kerja pernapasan. Pada umumnya, efek samping dari rasa tidak tenang adalah cemas dan panik. Saat Anda panik, tentu sulit untuk mengontrol kadar pernapasan. Yap, Pranayama merupakan salah satu gerakan pada yoga yang dapat meringankan cemas pada diri.

Membuang Pikiran Buruk

Dalam yoga, jika Anda tidak berkonsentrasi maka akan hilang keseimbangan. Saat sedang yoga, tentu pikiran Anda akan fokus pada hal-hal yang dapat membuat tubuh menjadi seimbang. Jadi, Anda harus memikirkan sesuatu yang telah dimiliki skarang dan membuang pikiran buruk di masa lalu. Pasalnya, kecemasan dapat menimbulkan kekhawatiran terus menerus, berlebihan dan tidak realistis tentang masa depan.

Membantu Hilangkan Insomnia

Ketika pikiran tidak tenang, maka pola tidur akan terganggu. Untuk mengembalikan ketenangan, maka Anda butuh berolahraga salah satunya dengan yoga. Posisi yang stabil saat yoga membantu mengatur pola pernasapan , sehingga Anda dapat lebih mudah untuk berpikir hal-hal yang baik ketika pola napas teratur.

Menstimulir Aliran Darah

Yoga yang berkerja aktif untuk memberikan ketenangan, dengan gerakan-gerakannya dapat menstimulir aliran darah Anda. Ketika darah mengalir dengan sempurna, maka pikiran akan jauh lebih tenang. Pernah melihat upside down pose pada yoga, cara ini dapat meningkatkan dan merangsang aliran darah ke kepala. Sehingga dapat menghasilkan hormon yang dibutuhkan untuk mengatasi stres.

Terasa Tenang dan Damai

Last but not least, tak terbantahkan bahwa yoga dapat memberikan Anda ketenangan. Campuran dari berbagai gerakan yang mendalam, mengatur pola napas, rasa optimisme yang tinggi, menumbuhkan pikran positif dalam diri Anda. Dengan begitu, saat menghadapi hal buruk, secara otomatis diri Anda akan mudah menghadapinya dengan tenang berkat latihan saat yoga.  

Tentu tidak hanya ketenangan yang didapat, namun juga kesehatan ya Hijabers. Jadi, apakah Anda berminat untuk menenangkan pikiran dengan berlatih Yoga?



RELATED ARTICLE