Ajak Anak Memasak Bersama, Why Not? | DiaryHijaber.com

Writer : Shintria Maylinia Editor : Someone

Ajak Anak Memasak Bersama, Why Not?

457 kali dilihat

Hijabers, sebagai orang tua tidak ada salahnya untuk membantu anak dalam mencari bakat. Dengan sedikit dorongan dan semangat, anak-anak akan lebih mudah bakat mana yang cocok untuk mereka. Jangan sampai anak-anak menyesal karena bakat tidak dikembangkan sejak kecil.

Yap, anak-anak memiliki bakat pada masing-masing bidang. Namun tidak ada salahnya untuk memperkenalkan anak pada bidang yang Anda pikir baik untuk masa depan mereka. Seperti salah satunya dengan memasak. Kini sudah banyak koki cilik baik perempuan atau laki-laki yang gemar dalam bidang memasak. Bahkan sudah tersedia sekolah khusus memasak untuk anak-anak.

Mengajari anak memasak ternyata memberikan manfaat yang baik. Selain dapat menghasilkan makanan, memasak dapat merangsang perkembangan intelengensi pada anak. Dengan otomatis motorik anak terlatih serta mempertajam panca indera.

Tentu, perlu banyak cara untuk mengajari anak memasak. Anda tidak bisa memaksakan anak untuk menyukai bidang ini, namun tidak ada salahnya untuk ajak anak setidaknya seminggu sekali. Bagaimana jika akhir pekan ini ajak anak untuk memasak bersama? Nah, berikut ada beberapa tips agar anak berminat untuk belajar masak bersama Anda.

Jangan Tunjukan Rasa Khawatir

Dapat diakui bahwa peralatan di dapur membuat Anda khawatir untuk memasak bersama anak. Namun, jika Anda menunjukkan kekhawatiran, justru akan membuat anak tidak nyaman. Pada akhirnya, anak enggan dan merasa takut untuk mulai masak. Maka dari itu, Anda bisa tetap awasi anak dengan rasa optimis dan senyum. Tunjuk kan pada anak bahwa masak itu merupakan bidang yang menyenangkan.

Membuat Sebuah Kesepakatan

Sebelum memulai masak, sebaiknya buat sebuah kesepakatan dengan anak. Contohnya, Anda bisa berikan waktu untuk anak belajar memasak sendiri, biarkan anak membuat kreasi masakan seperti kue sesuai selera mereka. Namun, untuk selanjutnya Anda bisa mengambil alih.

Ajari Bahasa Baru Pada Bidang Masak

Anak-anak terlahir begitu polos, maka Anda perlu memberikan kata-kata yang mudah untuk mereka mengerti. Namun, tidak ada salah lho untuk mengajari mereka bahasa atau istilah baru dalam dunia masak. Secara perlahan, pada akhirnya anak akan mengerti dan menggunakan istilah tersebut.

Menggali Lebih Dalam Akan Potensi Anak

Mengajari anak-anak untuk memasak bukan hanya sekedar membuat dan menyajikan makanan. Namun, Anda bisa memberi tahu mengenai budaya, gizi, pangan, hingga sesuatu yang berhubungan dengan pangan. Dengan begitu, anak-anak dapat lebih mengerti dunia memasak. Dengan menggali lebih dalam akan potensi anak, Anda dapat menjadikan anak sebagai juru masak yang hebat.

Melakukan yang Terbaik

Jangan berharap lebih akan keberhasilan anak saat memasak. Karena, tujuan Anda mengajari anak memasak sebagai sebuah pendidikan dalam keluarga. Bukan sebuah tuntutan pada anak untuk menjadi yang Anda inginkan. Lakukan yang terbaik untuk anak bahwa mengajari mereka memasak sebagai bentuk komunikasi antara Ibu dan anak. Dengan menghabiskan waktu bersama anak di dapur, Anda bisa menunjukan rasa cinta dan sayang pada anak melalui memasak.

Hijabers, Anda bisa memulai dengan menyuguhkan resep masakan yang menarik bagi anak. Jika anak melakukan kesalahan, sebaiknya beri tahu dengan cara perlahan. Anak akan merasa nyaman dalam bidang tertentu, jika mereka rasa menyenangkan dan seru untuk dilakukan. 



RELATED ARTICLE