Apa Saja Sih Penyebab Rambut Rontok? | DiaryHijaber.com

Writer : SM Editor : Someone

Apa Saja Sih Penyebab Rambut Rontok?

607 kali dilihat

Hijabers, salah satu manfaat mengenakan hijab adalah melindungi kepala dan rambut. Namun, bukan berarti Anda tidak merawat kesehatan rambut lho. Justru banyak Hijabers yang mengabaikan kesehatan rambut dan kulit kepala, sehingga menjadi rontok dan rusak.

Yap, memang menyebalkan saat mendapati rambut yang rontok. Tidak jarang, banyak wanita yang melakukan perawatan demi rambut yang sehat dan kuat. Berbagai cara dijalani, salah satunya dengan hair tonic. Dengan pemakaian secara teratur pada kulit kepala, hair tonic dapat membantu mengurangi kerontokan. Bahkan, memiliki kandungan untuk menyuburkan rambut. Tidak hanya hair tonic, kini shampoo juga sudah dilengkapi dengan vitamin ekstra untuk rambut rontok.

Tapi, sudah menggunakan hair tonic dan shampoo, rambut masih tetap rontok ya? Nah, mungkin ada beberapa penyebab rambut menjadi rontok yang belum Anda ketahui. Lalu, apa saja sih penyebab rambut rontok?

Diet dan Stress

Hijabers, ternyata rambut rontok dapat dipengaruhi oleh faktor psikis lho. Stress dalam diri, tanpa disadari membuat rambut mudah rontok. Karena, hormon yang bekerja menjadi tidak seimbang, Hijabers. Selain stress, diet pun dapat merontokkan rambut. Pasalnya, ketika diet Anda akan kehilangan banyak protein yang baik untuk menjaga kesehatan rambut.

Jika sudah begini, ada baiknya konsumsi suplemen yang mengandung biotin atau zinc. Kedua kandungan tersebut dapat membantu menguatkan rambut dan kembali tumbuh dalam 6 hingga 12 bulan.

Genetika

Genetika merupakan penyebab paling umum bagi rambut rontok. Tidak usah khawatir, Anda bisa konsultasikan masalah ini pada ahlinya. Kini, sudah banyak ahli dermatologist khusus rambut rontok dalam dunia kecantikan.

Pemakaian Hair Dryer

Peradangan pada kulit kepala dapat memperumit masalah akan kerontokan rambut. Khususnya bagi Hijabers, saat mengenakan hijab kulit kepala akan mudah lembap dan rambut berminyak. Belum lagi, pemakaian hair dryer yang menyebabkan kulit kepala menjadi kering. Mulai sekarang, agar akar rambut lebih kuat dan tidak mudah rontok, sebaiknya kurangi pemakaian hair dryer. Biarkan rambut menjadi kering dengan sendirinya.

Perubahan Hormon

Perubahan hormone seperti menopause atau pil KB dapat menyebabkan rambut rontok. Sebaiknya, lakukan cek hormone secara rutin. Sehingga Anda dapat mengembalikan hormone menjadi normal. Jangan lupa, untuk lakukan olahraga ringan secara teratur untuk mengurangi tingkat stress dalam tubuh.



RELATED ARTICLE