Apakah Sunblock Memiliki Efek Samping? | DiaryHijaber.com

Writer : SM Editor : Someone

Apakah Sunblock Memiliki Efek Samping?

2.051 kali dilihat

Hijabers, pasti sudah tidak asing lagi dengan sunblock. Krim tabir surya ini terbilang cukup membantu untuk menghadang paparan sinar matahari pada kulit. Siapa yang tidak ingin menjaga kulit dari panasnya sinar matahari? Bukan hanya karena takut kulit menjadi gelap, namun terkena paparan sinar matahari secara langsung dapat menimbulkan berbagai penyakit kulit lho. Yap, penyakit yang bisa ditimbulkan beruba sunburn, premature aging, hingga kanker kulit.

Sunblock memiliki jenis SPF yang berbeda. Tentu SPF (Sun protection factor) hadir sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Angka pada SPF merupakan penentu berapa lama Anda berada di bawah sinar matahari tanpa terbakar saat pemakaian produk sunblock. Semakin besar angka pada SPF, maka semakin lama jangka waktu sunblock tersebut melindungi kulit Anda dari bahaya sinar matahari.

Dengan teksturnya yang putih dan kental, tidak jarang banyak orang yang enggan memakai sunblock. Well, sunblock memang baik untuk menjaga kulit dari paparan sinar matahari. Namun, apakah sunblock memiliki efek samping?

  •  Alergi

Sunblock mencakup beberapa kandungan bahan kimia yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit, seperti kemerahan, bengkak, dan gatal-gatal. Sebagian orang penderita alergi pada bahan kimia akan mengalami hal tersebut. Tidak jarang hingga menimbulkan ruam pada kulit. Nah, bagi Anda yang mempunyai alergi, sebaiknya gunakan sunblock dengan label ‘hypoallergenic’. Sunblock dengan tanda tersebut memiliki kandungan khusus untuk pemilik kulit sensitif. Selain itu, Anda juga bisa gunakan sunblock dengan bahan kandungan zinc oxide.

  •  Menimbulkan Jerawat

Efek samping pada sunblock akan muncul selain alergi, juga pada kulit yang berjerawat. Bahan kimia pada sunblock akan mempengaruhi jerawat pada kulit. Untuk menghindari efek samping penggunaan sunblock pada kulit berjerawat, sebaiknya gunakan sunblock non-comedogenic dan non-oily. Disarankan untuk menggunakan tabir surya yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Hindari menggunakan sunblock pada wajah ya Hijabers.

  • Iritasi Mata

Iritasi pada mata, kok bisa? Yap, banyak orang yang salah mengaplikasikan sunblock hingga kebagian wajah. Hal ini yang membuat sunblock dapat menyebabkan iritasi pada mata. Alhasil, mata akan sakit bahkan bisa menyebabkan pembakaran, hingga berkurangnya tingkat sensitivitas pada cahaya. Jika, sunblock mengenai mata Anda, sebaiknya segera bilas dengan air dingin.

  • Menimbulkan Rasa Sakit Pada Area Berbulu

Sunblock memiliki beberapa jenis diantaranya, lotion, gel, spray, dan krim. Nah, diantaranya dapat menyebabkan rasa sakit pada area berbulu. Biasanya, rasa sakit ditimbulkan akibat sunblock yang terlalu lengket. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya gunakan sunblock dalam bentuk gel pada area yang berbulu ya Hijabers.

Mungkin sebaiknya, jangan terlalu sering menggunakan sunblock. Pakai lah sunblock sesuai dengan kebutuhan Anda, misalnya seperti saat bermain di pantai, renang, atau aktifitas di tengah lapangan pada siang hari. Untuk sehari-hari, sebaiknya gunakan body lotion yang memiliki SPF dan dapat melembapkan kulit. Untuk wajah, gunakan sunblock yang diproduksi khusus untuk kulit wajah ya Hijabers. Efek samping yang ditimbulkan biasanya karena kesalahan dalam penggunan sunblock. So, jika tidak ingin terkena efek samping, maka harus lebih terliti lagi ya Hijabers sebelum menggunakan sunblock.



RELATED ARTICLE