Bagaimana Membuat Pikiran Agar Terus Positif? | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Bagaimana Membuat Pikiran Agar Terus Positif?

838 kali dilihat

Mens sana in corpore sano” yang berati di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Menjadi sehat pun adalah harapan dari setiap orang. Pola makan, gaya hidup, kebiasaan mungkin merupakan bagian dari seseorang terkena berbagai banyak penyakit. Tapi tahukah kamuu, bahwa ternyata emosional juga berpengaruh. Terus gimana nih Girls caranya biar kita gak emosional? Yap, berfikir positif bisa ngebantu kita buat mengontrol emosi loh.

Berikut adalah tips untuk membuat anda mudah berfikir positif :

 

1. Habiskan Waktu dengan Orang Positif

Jika kamu mengelilingi dirimu dengan orang yang suka berfikir yang enggak-enggak, mending stay away. Menghabiskan waktu dengan teman-teman yang positif dan anggota keluarga untuk meningkatkan kemungkinan bahwa kebiasaan berpikir positif mereka akan menjadi kebiasaan kamu juga. Sulit untuk menjadi negatif ketika semua orang di sekitar kamu berfikir positif.

 

2. Ambil Sikap Tanggung Jawab

Ketika kamu mengalami masalah dan kesulitan dalam hidup, jangan membuat orang lain merasa bersalah. Mengakui kesalahan dalam situasi dan mengambil tanggung jawab atas sikap kamu merupakan hal yang baik loh Girls. Menerima tanggung jawab dapat membantu kamu belajar dari kesalahan dan mencegah dari menyalahkan orang lain secara tidak adil.

 

3. Berkontribusi untuk Orang Lain

Salah satu cara terbaik untuk merasa baik tentang apa yang kamu miliki, adalah untuk fokus pada apa yang kamu harus berikan. Sukarelawan dalam beberapa cara dan memberikan kembali kepada orang lain. Membantu orang lain dapat memberikan pandangan baru pada dunia dan dapat membantu kamu dengan berpikir positif.

 

4. Berfikir positif dan Inspirational Material

Menghabiskan waktu setiap hari dengan membaca sesuatu yang mendorong kita untuk dapat berpikir positif, that’s a good thing. Membaca buku motifasi diri atau kutipan inspirasional untuk membantu kamu fokus kepada apa yang penting bagi kamu dalam hidup. Hal ini dapat menjadi cara yang bagus untuk memulai dan mengakhiri harimu.

 

5. Kenali dan Ganti Pikiran Negatif

Kamu tidak akan berhasil berpikir positif jika kamu masih diganggu oleh pikiran negatif. Belajar mengenali dan mengganti pikiran yang terlalu negatif. Seringkali, pikiran yang mencakup kata-kata seperti "selalu" dan "tidak pernah" merupakan sinyal bahwa apa yang kamu pikirkan tidak sepenuhnya benar.

Jika kamu menemukan dirimu berpikir sesuatu seperti, "Aku selalu mengacaukan semuanya," menggantinya dengan sesuatu yang lebih realistis seperti, "Kadang-kadang saya membuat kesalahan tapi aku belajar dari mereka." Tidak perlu untuk membuat pikiran realistis positif, tetapi sebaliknya, membuat mereka lebih realistis.

 

6. Pertimbangkan Konsekuensi Negatif

Luangkan waktu untuk berpikir tentang konsekuensi dari berpikir negatif. Seringkali, hal itu dapat menjadi self-fulfilling prophecy. Misalnya, orang yang berpikir, "Saya mungkin tidak akan mendapatkan wawancara kerja ini," dapat menempatkan sedikit usaha dalam wawancara. Akibatnya, ia dapat menaikan peluangnya untuk mendapatkan pekerjaan.

Buat daftar semua kehidupan dari cara anda menyikapi suatu hal yang berdampak negative thinking. Kemungkinan mempengaruhi perilakumu, hubunganmu, dan perasaanmu. Kemudian, buat daftar cara-cara yang berpikir positif dapat bermanfaat.

 


7. Bersyukur untuk Hal Positif

Jika dirimu mulai membuat daftar syukur setiap hari, kamu akan mulai melihat persis berapa banyak hal yang harus kamu syukuri. Hal ini dapat membantumu untuk fokus pada sisi positif dalam hidupmu, bukan berpikir tentang semua hal buruk yang terjadi pada hari itu atau nanti. Sikap bersyukur membuat orang lebih mudah untuk memiliki pikiran yang positif.

 

8. Praktek Perawatan Diri

Jaga dirimu baik-baik dan akan lebih banyak siap untuk berpikir positif. Kamu harus berlatih mengelola stresmu dengan baik. Menjaga kesehatan fisik dan mental akan memberimu lebih banyak energi untuk fokus pada pikiran positif.

 

9. Jangan lupa untuk bersenang-senang

Orang-orang yang membiarkan diri menyenangkan biasa dalam hidup mereka cenderung lebih bahagia dan lebih positif karena tidak semua membosankan dan tidak pernah berakhir monoton. Kebahagiaan memecah kerja keras dan tantangan. Ingat bahwa menyenangkan tidak terlihat samabagi semua orang, sehingga kamu mungkin perlu menghabiskan waktu mencari suatu kegiatan yang menyenangkan bagi dirimu.

Selalu membuat waktu untuk tertawa. Bergaul dengan teman-teman yang membuat kamu tertawa, pergi ke klub komedi, atau menonton film lucu. Ini akan sulit untuk membuatmu berpikir negatif tentang banyak hal.


Image title


Don’t worries too much, keep beauty as you are, Hijabers.

 

 

[BL]



RELATED ARTICLE