Beberapa Dasar Mempelajari Agama Islam | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Beberapa Dasar Mempelajari Agama Islam

637 kali dilihat

Hampir setiap wanita menganggap menggunakan hijab adalah pilihan. Sayangnya anggapan tersebut bukanlah anggapan yang benar, karena hijab merupakan kewajiban dan tanggung jawab. Terkadang, beberapa wanita menggunakan hijab karena sedang trend. Banyak juga yang menggunakan hijab karena mulai sadar akan kewajiban dan tanggung jawabnya sebagai seorang muslim. Namun ketika pertama kali menggunakan hijabnya, saat itulah mereka mulai memperbaiki akhlak dan memperbanyak pengetahuannya. Untuk itu bagi Hijabers yang hendak memperdalam Agama Islam, perlu mengetahui dasar-dasar bagaimana mempelajari Agama Islam yang baik dan benar, agar menjadi Hijabers yang benar-benar mengerti ilmu agama.


Belajar pada ahlinya

Belajar dan mendalami ajaran agama bukanlah semudah membaliikan telapak tangan. Maka perlu adanya kesungguhan yang konsisten dan wajib hukumnya belajar pada seorang ahli. Pengertian ahli dalam konteks ini adalah seseorang yang memiliki ilmu agama melebihi orang lain, dimana ilmu tersebut ia dapatkan dari seorang ahli juga dan seterusnya.

Mempelajari Al-Quran bukanlah suatu perkara mudah, karena Al-Quran memiliki tingkat bahasa yang tinggi. Tidak semua terjemahanan pun dapat diartikan sendiri. Pada kenyataannya memang perlu seorang ahli untuk membantu seseorang dalam memahami Al-Quran.

Sedangkan Al Hadist memiliki tingkat kesulitan dalam menilai hadist tersebut bersifat sahih, hasan atau dha’if. Maka perlu ahli yang memang benar-benar memahami dan dapat menilai hadist tersebut masuk dalam tingkatan shahih, hasan atau dha’if. Tidak mungkin seorang yang belajar sendiri akan bisa menilai tingkat dari sebuah hadist. Dapat dipastikan ia belajar dari seorang ahli, dimana ahli tersebut belajar dari ahli terdahulu. Dan itulah yang harus Hijabers lakukan ketika hendak belajar mengenai hukum agama Islam melalui Al-Quran dan Al-Hadist agar dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Islam tidak mengenal perbandingan golongan

Seperti apa yang sudah diriwayatkan dalam hadist bahwa Ummat Rasullulah akan terpecah menjadi 73 dan hanya satu yang akan masuk surga, sedangkan 72 lainnya akan masuk neraka. Hadist ini telah bersifat hasan karena banyak imam ahli sunnah yang meriwayatkannya. Sayangnya yang menjadi permasalahan adalah ketidak pahaman mengenai golongan mana yang harus diikuti.

Hijabers tidak perlu bingung memikirkan dan mencari ahli mana yang benar, karena sesungguhnya golongan yang paling benar adalah mereka yang mengikuti jejak Rasullullah dan para sahabat nabi. Selain itu golongan yang benar adalah mereka yang tidak mengkotak-kotakkan Islam. Dalam artian golongan tersebut tidak pernah menyalahkan atas golongan Islam lainnya yang mengakibatkan perpecahan pada Islam.

Salat sunnah untuk mendapatkan hidayah

Selain memperkuat salat fardhu ada baiknya jika memperbanyak salat sunnah juga. Walaupun salat sunnah memang tidak wajib. Namun salat sunnah dan meminta agar diberikan hidayah dan jalan yang lurus pada Allah Ta’Alla merupakan hal yang paling tepat untuk dilakukan saat hendak memulai mempelajari Agama Islam. Seperti yang diketahui bahwa dewasa kini banyak sekali orang-orang yang mengaku bahwa mereka mengikuti golongan paling benar. Kita tidak akan tahu jika memang Allah tidak menunjukkannya mana yang benar. Oleh sebab itu, perlu sekali memperbanyak salat sunnah dan memohon diberikan jalan yang lurus. Seperti dalam surat Al-An’aamayat 125 yang berbunyi

“Barang siapa yang Allah kehendaki untuk Allah berikan petunjuk kepadanya, niscaya Dia melapangkan dadanya untuk (menerima agama) Islam. Dan barang siapa yang dikehendaki Allah kesesatannya, niscaya Allah menjadikan dadanya sesak lagi sempit, seolah-olah ia sedang mendaki ke langit. Begitulah Allah menimpakan siksa kepada orang-orang yang tidak beriman.”


Menjadi Hijabers yang paham mengenai hukum Agama Islam memang memerlukan waktu yang lama, kesungguhan dan konsisten. Rajin-rajinlah meminta pada Allah agar diberi jalan yang lurus dan tidak terjerumus kedalam golongan yang salah. Insya Allah dengan kesungguhan Hijabers, Allah akan memberikan petunjuk dan jalan yang lurus. Sehingga menjadikan Hijabers paham akan hukum agama Islam.





Writer : Sam

Editor : BL




RELATED ARTICLE