Berikut Cara Mudah Menghapus Dosa | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Berikut Cara Mudah Menghapus Dosa

659 kali dilihat

Ramadhan merupakan bulan dimana pintu surga di buka selebar-lebarnya, sedangkan pintu neraka ditutup serapat-rapatnya. Berusaha bertaubat dan beramal baik adalah perbuatan yang sangat tepat untuk dilakukan saat Ramadhan. Bahkan perbuatan baik sekecil apapun akan dihitung ampunan dan pahala yang sangat besar jumlahnya. Berikut adalah perbuatan dan amalan pelebur dosa yang dapat membersihkan diri dari dosa.


Taubat nasuha

Taubat nasuha adalah taubat yang sungguh-sungguh dilakukan dimana tidak ada niatan lagi untuk mengulanginya. Dalam Surat Ali Imran Ayat 135-136 diterangkan bahwa seseorang yang bertaubat nasuha akan menerima ampunan dari Allah Subhanahu wa Ta’Alla. Selain itu ia akan diberikan sebuah tempat (surga) yang mengalir sungai-singai di bawahnya dan mereka akan kekal di dalamnya.

Berwudhu dengan sempurna

Berwudu tujuannya adalah mensucikan diri, sayangya banyak orang yang mensegerakannya untuk selesai. Namun jika seseorang berwudhu dengan sempurna, maka dosa-dosanya akan keluar dari dalam tubuhnya bersama air-air yang mengalir. Hadist Shahih Muslim menerangkan bahwa Allah Subhanahu wa Ta’Alla berpesan jika seseorang berwudu dengan sempurna, maka dosanya akan keluar dari tubuhnya, sampai keluar di bawah kuku-kukunya.

Hadist Shahih Muslim lainnya juga menerangkan bahwa jika seseorang berwudhu dengan merenungi dosa-dosanya yang lalu, disetiap tetes terakhir pada bagian-bagian yang disucikan, dosa-dosanya akan hanyut oleh air-air wudhu yang menetes dan mengalir.

Berjalan menuju Masjid

Hanya berjalan menuju masjid saja merupakan amalan baik. Tentunya disertai dengan niat hanya untuk berdoa dan mendekatkan diri pada Allah, bukan sekedar formalitas dan ingin bergosip setelah selesai salat. Hadist Shahih Bukhari menjelaskan bahwa seseorang akan diangkat dosanya satu derajad oleh Allah Ta’Alla ketika ia berjalan menuju Masjid dan ia akan didoakan oleh Malaikat untuk diampuni dosa-dosanya.

Menunggu salat setelah salat

Sering kali setiap salat berjamaah di Masjid, jamaah ingin segera pulang. Padahal, ketika memasuki waktu menunggu salat setelah salat pada saat itulah Allah akan mengampuni dosa-dosa seseorang. Dalam Hadist Shahih Muslim diceritakan bahwa Rasullullah Salallahu‘Alaihi wa Sallam bersabda mengenai amalan yang akan mengampuni segala dosa dan meninggikan derajadnya adalah ketika seseorang melakukan wudhu dengan sempurna dalam keadaan sesulit apapun, berjalan menuju masjid dan menunggu salat setelah salat.

Mengucapkan Amin setelah Imam

Banyaknya keuntungan dan pahala yang diberikan oleh Allah Subhanahu wa Ta’alla ketika berniat salat berjamaah pun belum juga cukup. Dalam sela-sela salat pun, ternyata terdapat sebuah hikmah dari salat berjamaah itu sendiri. Saat mengucapkan Amiiin bersamaan dengan imam setelah membaca Al Fatiha, juga dapat menjadi cara agar terampuni dosanya. Sesuai Hadist Sahih Al- Bukhari yang menerangkan, bahwa Allah akan mengampuni dosa seorang umatnya disaat ia mengucapkan Amiiin bersamaan dengan imam salatnya.

Bersikap baik terhadap binatang

Sering kali orang-orang mengusir kucing jalanan yang hendak mencuri makanan. Dengan melakukannya ternyata sudah menyia-nyiakan satu pahala dan ampunan dari Allah. Hadist Sahih Al-Bukhari menceritakan seseorang yang sedang kehausan memberi minum pada seekor anjing yang kehausan juga dengan menggunakan sepatunya. Maka Allah mengampuni dosanya karena ia berbuat baik pada seekor anjing itu.

Sabar dalam menghadapi bencana

Seseorang yang dilanda sebuah bencana seperti kekhawatiran, ketidaknyamanan, sakit, dan lain sebagainya, merupakan tanda bahwa Allah mencintai orang tersebut. Sedangkan bencana dan hal tidak mengenakkan tersebut merupakan ujian dari Allah Subhanahu wa Ta’Alla. Di dalam ujian tersebut ternyata terdapat hikmah yang luar biasa berupa ampunan dosa. Sehingga bari orang yang sabar dalam ujian tersebut, maka Allah Ta’Alla akan mengampuni dosa-dosanya. Hal-hal tersebut telah dijelaskan dalam Hadist Bukhari dan Muslim, serta Hadist Hasan At-Tirmidzi.  


Banyak cara untuk membersihkan diri dari dosa, dari cara yang sangat sederhana maupun cara yang cukup berat. Hijabers bisa memilih atau melakukan semua amalan-amalan tersebut, sebagai jalan untuk diampuni dosanya. Hal terpenting adalah niat mendapat ampunan dosa.






Writer : Sam

Editor : BL



RELATED ARTICLE