Berikut Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Merawat Wajah | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Berikut Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Merawat Wajah

398 kali dilihat

Setiap orang memiliki area sensitif pada kulit wajah. Maka, harus ekstra hati-hati dalam memperlakukan wajah. Bahkan dalam membersihkan wajah pun tidak bisa sembarangan. Wajah setiap orang memiliki kadar minyak masing-masing. Hal ini menjadikan cara perawatan setiap orang pun berbeda. Jadi, Hijabers tentutidak bisa menyamakan cara memperlakukan wajah sendiri dengan wajah orang lain. Kecuali yang memiliki permasalahan sama pada kulit wajah. Perlakukan kulit wajah dengan benar. Jangan lakukan hal ini ketika Hijabers merawat kulit wajah.

 

Mengeluarkan komedo secara paksa

Seringnya saat wajah sudah lama tidak kita perhatikan, komedo mulai bermunculan. Biasanya komedo muncul di area hidung dan di bawah bibir. Mungkin Hijabers sering mengeluarkannya secara paksa dengan memencetnya. Hal ini dilakukan karena tidak sabar dalam menangani komedo menyebalkan tersebut. Komedo-komedo tersebut memang pada akhirnya akan hilang setelah dipencet. Namun, semakin hari semakin lama komedo tersebut justru bertambah banyak. Ternyata, mengeluarkan komedo secara paksa dengan cara kasar bukanlah hal tepat. Hal ini justru malah menambah komedo semakin banyak.

Memencet komedo dapat menyebabkan lubang bekas komedo semakin melebar. Maka, kotoran yang masuk dalam bekas lubang tersebut semakin banyak. Hal inilah yang menyebabkan komedo justru bertambah lebih  banyak. Untuk mencegah komedo datang kembali, Hijabers tidak perlu memencet komedo. Namun, hanya perlu melumuri spot-spot berkomedo dengan putih telur. Jika tidak tahan amisnya, tambahkan madu lalu lumuri spot berkomedo tersebut. Tunggu hingga kering, barulah bilas dengan air. Lakukan hal ini terus menerus, hingga komedo tidak terlihat lagi.

Salah memperlakukan jerawat

Memencet jerawat untuk mengeluarkan isinya juga bukan tindakan yang tepat. Memencet jerawat akan menambah parah radang di kulit wajah. Selain itu akan meninggalkan bekas hitam-hitam. Hijabers mungkin juga sering menyentuh jerawat dengan tangan. Sedangkan kita tidak tautangan tersebut bersih atau kotor. Dengan terlalu sering menyentuh jerawat, justru bakteri yang dibawa oleh tangan akan memperparah jerawat di muka.

Rambut juga terkadang menjadi salah satu penyebab tumbuhnya jerawat pada muka. Jadi ketika tumbuh jerawat, jauhkan rambut yang menumpuk pada wajah. Jika memiliki poni, maka jepitlah poni tersebut sampai jerawat benar-benar hilang. Hal ini karena rambut menyimpan banyak kotoran dan debu. Sehingga jika menmpel di wajah dapat dipastikan akan memperparah jewarat.

Terlalu sering mencuci muka

Bagi Hijabers yang memiliki kulit berminyak tentu akan sangat hati-hati dalam memperlakukan wajah. Seperti halnya dengan tidak pernah mencuci wajah. Terlebih setelah seharian penuh beraktifitas. Tentunya debu dan kotoran akan masuk ke wajah dan menjadikan wajah berminyak. Namum, terlalu sering mencuci wajah pun juga tidaklah baik. Hal ini menjadikan kelenjar alami minyak akan hilang. Sedangkan kulit membutuhkan minyak alami. Jika terlalu sering mencuci muka, maka produksi minyak akan semakin banyak dan membuat kulit tersumbat. Selain itu pori-pori juga akan membesar.

Saat mencuci muka pun hindari menggosk terlalu keras. Scrub yang terdapat di sabun cuci muka memiliki permukaan yang kasar. Permukaan kasar ini akan dapat memicu kulit untuk memproduksi minyak secara berlebih. Jadi usahakan untuk menggunakan masker dengan salisilat, dan asam glukolat.

 

Kulit wajah memang sangatlah sensitive. Jadi, kita memang harus hati-hati memperlakukannya. Jangan biarkan bakteri dan kotoran menempel di wajah melalui cara apapun. Biasakan untukmenjaga tangan tetap bersih dan terus selalu melakukan perwatan pada wajah. Dengan menggunakan skin care atau bahan alami, akan sama hasilnya.






Writer : Sam

Editor : BL



RELATED ARTICLE