Boros? Begini Caranya Belanja Hemat | DiaryHijaber.com

Writer : SM Editor : Someone

Boros? Begini Caranya Belanja Hemat

353 kali dilihat

Merasa boros saat berbelanja? Kaget saat melihat struk pembayaran? Hal ini sudah biasa bagi para wanita. Hasrat berbelanja pada diri rasanya sulit sekali dihindari. Terlebih saat melihat papan bertuliskan ‘diskon’, jangan heran saat berangkat dengan tangan kosong, pulang membawa banyak barang. Tidak lain alasannya adalah karena barang-barang yang ingin dibeli akan terus membayangi jika tidak segera dimiliki.

Alhasil banyak yang merasa pusing saat menjelang akhir bulan. Dimana tagihan datang dengan nominal yang mengejutkan. Selain itu, baru merasa boros ketika melihat saldo tabungan berkurang cukup banyak. Nah, agar kejadian ini tidak terulang setiap bulannya coba ikuti tips beberlanja hemat berikut ini.

Membuat Daftar Belanja

Hijabers, membuat daftar belanja terbilang cukup efektif untuk berhemat. Karena, sebelum Anda bisa tahu mana yang harus dibeli dan tidak. Jangan masukan daftar belanjaan yang tidak dibutuhkan lho. Anda harus kuat menahan diri saat membeli kebutuhan rumah tangga.

Mengatur Anggaran Belanja

Bagi yang sudah berkeluarga, mengatur keuangan adalah hal yang riskan. Banyak suami yang mempercayakan keuangan rumah tangga kepada istri. Maka dari itu jaga kepercayaan suami dengan konsisten pada uang belanja yang sudah disediakan. Anda bisa membuat estimasi anggaran belanja Jangan belanja melebihi estimasi biaya yang sudah disediakan. Kalau pun ada sisa lebih, Anda bisa gunakan untuk keperluan lain.

Memanfaatkan Kupon Online

Online shop sangat berfungsi bagi penggunanya saat harus membeli sesuatu namun tidak sempat keluar rumah. Namun di satu sisi, barang-barang yang ditawarkan kadang menggiurkan dan membuat Anda langsung menyentuh tulisan ‘beli’. Sebelum membelinya, coba pikirkan kembali barang tersebut dibutuhkan atau tidak. Jika dibutuhkan, agar lebih hemat Anda bisa gunakan kupon online yang tersedia lho.

Cari Tahu Mengenai Promo

Kini banyak promo yang hadir baik untuk keperluan rumah tangga, fashion, kuliner, hingga traveling. Promo yang berlaku ini tidak segan-segan memberikan tawaran yang menarik, dari istilah buy one get one, diskon dan lain sebagainya. Ada baiknya sebelum Anda membeli sesuatu, coba cari tahu mengenai promo yang sedang berlaku. Dengan menggunakan promo, setidaknya Anda bisa hemat dan mendapatkan beberapa keuntungan.

Hindari Penggunaan Kartu Kredit

Hijabers, memang kartu kredit memberikan banyak keuntungan bahkan suka menawarkan promo yang menarik. Tapi, tanpa disadari Anda menimbun banyak hutang pada kartu kredit yang harus dibayarkan setiap bulan. Bahkan bisa dibayarkan hanya setengah jumlah tagihan, lalu sisanya masih tetap ada bahkan bisa bertambah karena bunga yang diterapkan,

Selain itu, kartu kredit memacu Anda untuk berbelanja, karena Anda akan merasa dimudahkan. Boleh saja mempunyai kartu kredit, tapi gunakan hanya saat sedang perlu saja. Misalnya seperti biaya rumah sakit yang saat itu Anda sedang tidak membawa uang tunai.

Hijabers, mengatur keuangan belanja agar lebih hemat itu memang sulit. Tapi, Anda bisa mulai dengan niat untuk menabung. Karena, kadang barang yang dibeli tidak terlalu dibutuhkan dan akan berujung sia-sia. Lebih baik, beli barang seperlunya saja. Lalu, sisa uangnya bisa Anda tabung untuk keperluan penting.



RELATED ARTICLE