Cara Ampuh Mencegah dan Menghilangkan Jerawat Membandel | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Cara Ampuh Mencegah dan Menghilangkan Jerawat Membandel

619 kali dilihat

Tumbuhnya jerawat pada wajah adalah problem alami. Seringnya jerawat muncul karena wajah kotor dan kontak tangan kotor ke wajah. Bisa juga karena kondisi psikologis yang tidak stabil. Termasuk banyak pikiran dan sering cemas. Jerawat pada wajah benar-benar mengganggu hari-hari. Wajah menjadi sakit, dan tampilan wajah pun tidak menyenangkan. Ada dua tipe dalam memperlakukan jerawat. Pertama adalah mencegah jerawat. Kedua, mengihlangkan jerawat membandel yang sudah muncul di wajah. Berikut cara mencegah jerawat dan menghilangkan jerawat di wajah. 


Menjaga kebersihan wajah, adalah hal paling penting untuk mencegah jerawat muncul. Jerawat timbul terkadang karena wajah kotor dan berminyak. Cara menjaga kebersihan wajah adalah dengan cuci muka dan menghilangkan sisa make up dengan pembersih wajah. Lebih baik, sebelum cuci muka bersihkan wajah dengan susu pembersih dan penyegar. Hal ini sangat berguna untuk menghilangkan kotoran wajah yang berasal dari make up. Selanjutnya, cuci muka menggunakan air hangat dan sabun muka cuci muka. Untuk mengeringkan wajah, gunakan handuk bersih khusus. Menggunakan handuk bersih berguna untuk mengurangi bakteri yang menempel pada wajah. Lakukan langkah-langkah ini sehari sekali dan jangan terlalu sering.

Menggunakan moisturizer, juga berguna untuk mencegah jerawat. Gunakan moisturizer berbentuk gel untuk kulit berminyak. Moisturizer berbentuk gel akan ramah dengan kulit berminyak. Selain itu juga dapat menstabilkan produksi kadar minyak pada wajah. Sedangkan pelembab berbentuk lotion, khusus untuk Hijabers yang memiliki kulit kering.

Singkirkan rambut kotor pada wajahRambut kotor adalah salah satu penyebab jerawat tumbuh di wajah. Rambut kotor akan membawa kotoran berupa debu, minyak dan bakteri. Tentu kotoran tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan kulit wajah. Cobalah untuk menata rambut agar tidak menutupi bagian wajah. Seperti menjepit poni, atau mengikat rambut ke arah belakang. Hijabers tidak akan terlalu mementingkan gaya rambut. Jadi, hindari pula style rambut berponi. Selain itu, rajin-rajinlah merawat rambut agar tidak mudah kotor.

Gizi cukup ternyata juga turut andil dalam tumbuhnya jerawat dalam wajah. Hindari makanan berlemak, seperti junk food, chips dan gorengan. Perbanyak makan sayur-sayuran akan lebih baik. Terutama vitamin A dan beta karoten yang dapat menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang baik, jerawat tidak akan sering muncul. Banyak macam sayuran yang harus sering dikonsumsi. Seperti wortel, kangkung, bayam dan semua yang makanan yang mengandung vitamin A.

Istirahat cukup dan menikmati hidup dapat mengurangi kemungkinan timbulnya jerawat. Terlalu stress dan tertekan akan memicu jerawat muncul. Maka, perlu hidup rileks dan menghadapi masalah dengan santai. Selain itu beristirahatlah dengan cukup, agar badan tidak terlalu lelah dan tidak mudah sakit.

Ketika sudah terlanjut jerawat bermunculan, maka Hijabers perlu men-treatment wajah dengan benar. Cobalah untuk menggunakan bahan-bahan alami yang jauh dari pengaruh bahan kimia. Misalnya menggunakan jeruk nipis, mentimun dan juga putih telur.

Jeruk nipis bisa digunakan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan mengurangi kadar minyak pada wajah. Sehingga, perasan air jeruk nipis dapat menghilangkan jerawat sekaligus menjadikan kulit wajah bersih dan mulus. Pada awal pemakaian memang agak pedih. Namun, lama-lama rasa perih juga akan hilang. Gunakan perasan air jeruk setiap sebelum mandi. Diamkan semalam 30 lalu bilas dengan air hangat.

Putih telur berkhasiat menghilangkan komedo. Selain itu juga bisa menghilangkan jerawat membandel. Gunakan putih telur untuk masker wajah sebelum tidur. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.


Menggunakan cara alami ini cukup ampuh untuk menghilangkan jerawat. Lakukan secara teratur dan berkelanjutan. Tanpa penggunaan yang teratur jerawat tidak akan hilang. Justru, yang ada jerawat akan semakin membandel.






Writer : Sam

Editor : BL




RELATED ARTICLE