Efek Buruk Akibat Duduk Terlalu Lama | DiaryHijaber.com

Writer : Shintria Maylinia Editor : Someone

Efek Buruk Akibat Duduk Terlalu Lama

283 kali dilihat

Hijabers, berkerja seharian di depan komputer biasanya membuat Anda dapat duduk terlalu lama. Segala aktifitas yang megharuskan Anda duduk terlalu lama ternyata dapat membahayakan kesehatan.

 

Pernah kah Anda merasakan pegal saat duduk terlalu lama? Yap, hal tersebut merupakan salah satu dari sekian banyak efek buruk akibat duduk terlalu lama. Selain minum air minum putih, Anda juga harus segera beranjak dari kursi utnuk merileksasikan badan. Setidaknya, cara tersebut dapat mengurangi efek buruk untuk kesehatan tubuh akibat duduk yang terlalu lama.

 

Selain pegal-pegal akibat duduk terlalu lama, ada ancaman lain untuk kesehatan Anda lho. Dilansir dari boldsky.com, berikut beberapa efek buruk yang ditimbulkan akibat duduk terlalu lama.

 

Pembukan Darah

Hijabers, duduk selama berjam-jam dapat menghambat aliran darah ke otak. Alhasil bisa terhadu pembekuan darah. Jika hal ini sudah terjadi, maka gumpalan darah akan meningkatkan penyebab terjadinya stroke.

 

Obesitas

Selain stroke, efek buruk akibat duduk terlalu lama yaitu obesitas. bahkan beberapa penelitian menyatakan, duduk terlalu lama akan meningkatkan resiko kanker usus, karena enzim pembakar lemak tidak berkerja dengan baik jika Anda duduk terlalu lama.

 

Penyakit Jantung

Hati-hati jika Anda suka duduk terlalu lama. Ancaman kesehatan yang terjadi tidak hanya sekedar badan pegal, namun hingga menyebabkan penyakit jantung. Jika tubuh terus diam dan tidak bergerak selama satu hari, maka akan ada cairan yang menuumpuk di leher dan paru-paru pada malam hari. Cairan tersebut yang dapat menyebabkan penyakit jantung,

 

Tekanan Darah Tinggi

Jika sudah ada masalah dengan jantung, alhasil darah yang aliran darah menjadi terhambat. Maka dari itu, akan menimbulkan tekanan darah tinggi. Jika Anda sudah merasakan pusing, sebaiknya beri waktu untuk tubuh beristirahat. Anda bisa lakukan jalan-jalan di sekitar kantor selama beberapa menit, sebelum akhirnya kembali berkerja.

 

Gangguan Tidur

Hijabers, pegal akibat terlalu lama duduk bisa mengganggu waktu istirahat Anda di malam hari. Pasalnya, darah tidak mengalir hingga leher, hal ini dapat menyebabkan sleep apnea.

 

Postur Tubuh

Selain mengancam kesehatan, duduk terlalu lama juga bisa mengubah postur tubuh Anda. Maka dari itu, Anda perlu memperbaiki posisi duduk yang ideal saat berkerja. Selain itu, berjalan-jalan sebentar bisa merenggangkan otot hingga mengembalikan bentuk tulang Anda. Jangan sampai postur tubuh menjadi bungkuk akibat terlalu lama duduk.

 



RELATED ARTICLE