Efek Buruk Terlalu Sering Menggunakan Earphone | DiaryHijaber.com

Writer : SM Editor : Someone

Efek Buruk Terlalu Sering Menggunakan Earphone

11.602 kali dilihat

Hijabers, di era teknologi yang semakin maju, tentunya membawa banyak perubahan dalam kehidupan. Anda bisa membunuh rasa bosan dengan mendengarkan musik melalui playlist yang ada baik pada handphone atau music player. Agar musik terdengar jelas di telinga, banyak orang yang memilih menggunakan earphone. Yup, earphone kini tercipta dengan berbagai macam jenis dan model berdasarkan fungsinya masing-masing.

Tidak jarang, satu diantara Anda pasti senang berlama-lama menggunakan earphone. Kadang ada yang menggunakan earphone untuk mendegarkan musik baik saat di kantor, kelas, atau perjalanan. Semakin sering menggunakan earphone maka Anda tidak sadar bahwa musik dapat terdengar oleh orang lain. Hal ini menandakan mungkin terjadi gangguan pendengaran. Well, terlalu sering menggunakan earphone terlebih dengan tingginya volume bisa mengakibatkan efek yang buruk lho.

Kerusakan telinga permanen

Membaca judulnya saja sudah cukup mengerikan ya Hijabers. Terlalu asik menggunakan earphone saat mendengarkan musik favorit Anda ternyata memiliki efek yang buruk. Ternyata, saat menggunakan earphone ada aliran gelombang elektromagnetik yang berpengaruh pada otak. Bisa saja membahayakan jika digunakan terlalu sering.

Source http://medscoopdaily.com/

Selain itu, semakin tinggi volume pada earphone maka lambat laun telinga tidak mampu menanggung beban suara keras tersebut. Alhasil, akan menyebabkan gangguan pendengaran hingga kerusakan secara permanen. Jangan salah, efek buruk dari penggunaan earphone ini bisa terjadi pada usia muda lho Hijabers.

Anak muda hingga orang dewasa harus waspada mengenai efek buruk dari earphone ini. Pasalnya, selain memberikan efek pada tubuh, juga pada kehidupan sosial. Banyak orang yang menjadi anti-sosial­ akibat menggunakan earphone. Tanpa disadari akan asik dengan dunia sendiri tanpa menghiraukan orang sekitar.

Bahkan banyak kasus mengenai pemakaian earphone hingga merenggut nyawa. Diantaranya, ada beberapa kasus mengenai kecelakaan hingga tertabrak kereta api. Hal ini disebabkan karena terlalu asik mendengerkan musik dengan volume keras melalui earphone. Jadi, Anda harus waspada akan penggunaan earphone. Gunakan earphone seperlunya saja. Hindari pemakaian earphone selama berjam-jam dalam seminggu untuk mencegah dari hal yang tidak diinginkan.



RELATED ARTICLE