Hijab Modern Masa Kini | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Hijab Modern Masa Kini

775 kali dilihat

Sekilas memandang kata ‘modern’ dan ‘masa kini’ yang terlintas di benak para Hijabers biasanya mengarah kepada fashion. Sedangkan, modern dan masa kini akan terkait dengan tiga kata yaitu aktif, kreatif dan inovatif. Tiga kata  terebut biasanya dijadikan kunci para anak muda zaman sekarang untuk menjalani kehidupan dan diterima di lingkungan sosialnya. Kali ini Diaryhijaber akan membahas tentang peran dari tiga kata tersebut dalam gaya hijab masa kini.

Aktif, kreatif dan inovatif sepertinya sudah menjadi keharusan bagi manusia. Kata aktif, kreatif, dan inovatif menjadi kata ajaib yang selamanya akan selalu mengikuti gaya hidup seseorang. Bayangkan Hijabers, jika tidak ada tiga kata ajaib itu maka sekarang kita masih menggunakan chemise dress dengan sentuhan kain bludru, yang muncul dan menjadi popular di kalangan wanita tahun 50-an.

Tiga kata ajaib tersebut mendorong perkembangan dan perubahan fashion dari zaman ke zaman. Tidak terkecuali perkembangan fashion hijab di seluruh dunia. Di Indonesia, inovasi dan kreasi hijab modern mengalami perkembangan yang sangat pesat. Mulai dari gaya hijab Dian Pelangi,  hingga akhir-akhir ini muncul desainer-desainer muda berbakat yang mengusung tema muslim outer war. Beberapa desainer hijab berbakat tersebut adalah Anniesa Hasibuan, Jenna Hara bahkan Zaskia Sungkar dan Zaskia A. Mecca kini terjun di dunia Fashion Hijab.

Melihat keaktifan beberapa desainer hijab muda Indonesia dalam berkreasi dan berinovasi tentunya kita sebagai Hijabers pasti sempat bertanya-tanya, mengapa mereka bersusah payah mendesain hijab untuk dipakai? Sedangkan menggunakan baju yang menutup aurat saja sebenarnya sudah cukup. Wahai Hijabers Indonesia, perlu diingat beberapa hal di bawah ini yang akan membuat kita berpikir seberapa penting aktif, kreatif dan inovatif untuk mendesain hijab-hijab wanita solekhah di era modern ini untuk dikenakan.


1.   Attitude, Fashion and Self Branding

Attitude dalam berpakain berperan sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya, kita tidak mungkin akan menggunakan blue jeans dan kaos lengan panjang dengan kerudung langsungan yang menutupi dada dan punggung saat menghadiri acara kantor. Pakaian tadi tidak berarti salah, namun tidak tepat ketika digunakan di acara kantor. Perlu style yang lebih rapi dan pantas untuk suasana tersebut. Saat inilah trend hijab masa kini memainkan perannya. Ketika seseorang memadukan fashion dan attitude dalam berpakaian, di situlah ia mencerminkan pribadi muslimah yang cerdas dan santun. Tentunya tidak ada orang yang tidak suka dengan pribadi yang cerdas dan santun bukan?

2.   Respect to Our Selfmeans Respect to Others

Dengan menggunakan baju yang di dasari dengan attitude tadi, maka secara sengaja kita telah menganggap diri kita berharga. Saat kita merasa diri kita sungguh berharga, maka di situlah orang lain akan menganggap kita bernilai. Setelah orang lain menganggap kita memiliki nilai, maka saat itu kita diterima di lingkungan kita.

3.   Respect to Allah SWT

Menghargai Allah SWT tentunya, selama ini fashion hijab tidak ada yang terlihat tidak rapi. Mengapa? Karena Allah memang mengajarkan pada kita bahwa lebih baik kita memilih pada kerapian. Di sinilah peran fashion hijab masa kini yang modern mengambil alih.


Menggunakan hijab masa kini yang modern, bukan berarti hanya sekedar untuk bersolek. Ternyata dibalik itu semua tersembunyi maksud dan tujuan yang terkadang para hijabers kurang begitu sadar akan hal tersebut. Maksud dan tujuan tersebut berhasil disampaikan karena kita mengambil peran (aktif, kreatif dan inovatif) dalam gaya hidup kita. Pakai hijab masa kini yang modern, siapa takut!




Writer : Sam

Editor ; BL



RELATED ARTICLE