Ingin Tubuh Sehat dan Pahala Nambah? Yuk Puasa Sunnah Senin Kamis! | DiaryHijaber.com

Writer : Chyntia Andarinie Editor : Steffi

Ingin Tubuh Sehat dan Pahala Nambah? Yuk Puasa Sunnah Senin Kamis!

212 kali dilihat

Hai sobat Hijabers, apa kabar hari ini? Sebagai seorang muslimah yang patuh terhadap perintah Allah Subhanahu Wa Ta’ala, tentu saja kita pernah menjalankan ibadah puasa. Bahkan, hukumnya wajib dilakukan di bulan Ramadhan. Selain puasa wajib tersebut, kita dianjurkan juga untuk berpuasa di hari Senin dan Kamis seperti yang selalu dilakukan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam.

“Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.” (HR. Tirmidzi No. 747)

Hadits tersebut menyebutkan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam  sangat menyukai hari Senin dan Kamis karena pada hari tersebutlah amalan-amalan kita dihadapkan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Atas dasar itu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam  rajin berpuasa di hari Senin dan Kamis. Keutamaan hari Senin dan Kamis secara umum dijelaskan dalam hadits Abu Hurairah berikut, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

 

“Pintu surga dibuka pada hari Senin dan kamis. Setiap hamba yang tidak berbuat syirik pada Allah sedikit pun akan diampuni (pada hari tersebut) kecuali seseorang yang memiliki percekcokan (permusuhan) antara dirinya dan saudaranya. Nanti akan dikatakan pada mereka, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai.” (HR. Muslim no. 2565)

Dari hadits tersebut kita bisa mengetahui betapa Allah Subhanahu Wa Ta’ala Maha Penyayang ya, sobat Hijabers! Dosa-dosa kita akan diampuni pada hari Senin dan Kamis ketika pintu surga dibuka. Apalagi jika kita rajin melakukan puasa sunnah, semoga pahala kita dilipat gandakan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Tidak hanya itu, rutin berpuasa ternyata juga berdampak positif pada tubuh kita lho sobat. Apa saja manfaat puasa untuk kesehatan?

 

  1. Membebaskan Tubuh Dari Penyakit

 

k9866

k9866 

 

Di alam bebas, saat hewan sakit, mereka akan berhenti makan dan fokus beristirahat. Itu adalah naluri mereka untuk mengurangi stress pada organ internal sehingga tubuh dapat lebih fokus dan maksimal untuk melawan infeksi dan racun. Sementara kita seringnya berpikir bahwa ketika sakit harus makan yang lebih banyak agar cepat sembuh. Sebaiknya, ketika sakit kita tidak makan berlebihan, yang penting tubuh kita mendapatkan asupan makan yang cukup dan bergizi. Apabila kondisi kita masih mampu berpuasa, hal tersebut bisa dilakukan untuk menjaga agar organ tubuh tidak diforsir bekerja terlalu keras.  

 

  1. Melancarkan Metabolisme Tubuh

 

duniasukan

                                                      duniasukan

 

Saat puasa, maka sistem pencernaan bisa rehat sejenak. Usus besar pun jadi lebih sehat. Hal ini melancarkan proses metabolisme untuk membakar kalori secara lebih efisien. Tidak makan apapun selama satu hari telah terbukti membantu tubuh membersihkan racun dan mengatur fungsi organ seperti hati, ginjal dan bagian penting lainnya.

 

  1. Memperbaiki Fungsi Otak

 

http://nationalgeographic.co.id/

nationalgeographic

 

Penelitian membuktikan, puasa dapat memperbaiki fungsi otak, karena meningkatkan protein yang disebut Brain Derived Neurothropic Factor (BDNF). Protein tersebut berfungsi untuk mengaktifkan sel induk otak untuk diubah menjadi neuron baru dan memperkuat koneksi saraf.

 

  1. Membuat Kulit Lebih Bersih dan Sehat

 

http://khasimanfaat.com

                                                   khasimanfaat.com

 

Setiap hari kolesterol menumpuk dalam tubuh, maka ketika organ pencernaan beristirahat saat puasa, proses pembersihan tubuh dari racun atau detoksifikasi terjadi lebih efektif. Tubuh pun semakin maksimal dalam menangkal radikal bebas. Tidak hanya itu, saat organ tubuh lain beristirahat ketika puasa maka akan terjadi proses regenerasi sel-sel kulit yang membuat kulit jadi lebih bersih dan sehat.

 

  1. Menurunkan Berat Badan

 

http://psikologiunik.info/

                                                         psikologiunik.info

 

Bagi sobat hijabers yang berencana untuk diet, maka puasa adalah salah satu cara yang bisa ditempuh untuk menurunkan berat badan. Ketika berpuasa, otomatis jumlah kalori yang masuk akan berbeda dari biasanya. Namun perlu diperhatikan juga menu makanan kita saat sahur dan berbuka, jangan sampai berkurang dari yang dibutuhkan dan tubuh tidak mendapatkan asupan yang cukup.

 

MasyaAllah, ternyata selain menambah pahala, banyak sekali manfaat puasa ya sobat Hijabers. Selain menjalankan puasa wajib di bulan Ramadhan, alangkah baiknya jika kita juga berpuasa sunnah di hari Senin dan Kamis yang telah terbukti dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Sungguh Allah Subahanahu Wa Ta’ala Maha Penyayang terhadap makhluk ciptaan-Nya. Semakin kita patuh dan ikhlas menjalankan perintah-Nya, semakin banyak nikmat dan berkah yang kita peroleh. Well, adakah yang sedang puasa sunnah hari ini? Alhamdulillah jika ada, semoga lancar hingga berbuka nanti dan amal ibadah tersebut diterima oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala.



RELATED ARTICLE