Jangan Salahkan Hijab | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Jangan Salahkan Hijab

580 kali dilihat

Hijab adalah kewajiban umat Islam. Allah memerintahkan di dalam al-quran agar umat Muslimah diwajibkan untuk berhijab. Setujukah kamu ketika orang beranggapan bahwa jika kita memakai hijab, kita terlihat begitu harus bersikap baik dengan hijab yang kita kenakan. Tentunya orang tanpa hijabpun harus berbuat baik. Seorang muslimah, ketika ia mengenakan hijabnya, bukan berarti ia tidak akan melakukan sebuah kesalahan. Berikut beberapa hal penting yang kamu perhatikan ketika orang menilaimu berdasarkan hijab yang kamu gunakan.



 Cuek

Biarlah orang lain menilaimu dengan penilaian mereka. Memberimu sebuah judgement tanpa berusaha untuk befikir terbuka dengan hijab yang kamu kenakan. Cukup berlalu saja dan jadikan omongan mereka sebuah masukan jika memang apa yang mereka katakan benar. Seperti sebuah pribahasa “anjing menggonggong kafilah tetap berlalu.” Jadi, cuekin aja.

Ambil Sisi Positif

Jika seseorang berkata hal buruk seperti “pake hijab tapi kok.........” cukup berkata dalam hati bahwa hijab yang kamu gunakan merupakan tanggung jawabmu dengan Allah, kalau memang dalam berhijab kamu masih berperilaku seperti makan sambil berjalan, atau tidak memberi duduk orang yang lebih tua, itu berarti memang atitude kamu yang harus kamu rubah, bukan hijab kamu seperti simbol untuk terlihat sempurna di depan publik. Dengan sikap positif kamu untuk menanggapi hal negatif dari orang, itu akan mempermudah hidupmu untuk tetap dapat kamu lalui dengan baik.

Intopeksi

Apa alasan orang lain berkata demikian? Cukup dirimu dengan segala hal tentang apa yang kamu lakukan dan orang lain nilai merupakan hal yang harus kamu intropeksi-kan. Supaya kamu bisa memilah-milih sikap apa yang akan kamu lakukan di depan umum dan tentunya kamu jadi belajar untuk menjaga dirimu sendiri. Hitung-hitung dengan begitu kamu mencoba untuk menjadi pribadi yang lebih baik di mata orang sekitarmu. Nah, kalau sudah begini tetapi masih saja ada omongan yang gak enak, heeemm mending tutup kuping rapat-rapat deh.

Mencoba untuk Tetap tidak Egois

Dalam bermasyarakat, kita memang tidak dapat memilih mana obrolan yang ingin kita dengar dan mana obrolan yang tidak ingin kita dengar. Jangan egois untuk mau dimengerti dengan omongan gak enak dari mereka. Hijabers, they don’t wanna know about a reason. Jangan kita yang memblock diri kita untuk tidak menerima kritik dari mereka. Berlaku tidak egois sungguh sangat mulia bukan? Kamu cukup berdiam jika ada orang yang meng-kritik dirimu dengan hijabmu, meng-kritik pemakaian hijabmu dengan sikapmu, meng-kritik apa yang kamu kerjakan tidak cocok dengan hijabmu, atau meng-kritik postingan media sosialmu dengan hijabmu. Weelll, it’s so natural dan kita tidak dapat menghentikan itu semua. Berdamailah dengan keadaan.

 

Satu dari banyak alasan orang mengerti dan tidak berkomen tentang hijabmu, tapi ingatlah bahwa berjuta orang memiliki isi pemikiran masing-masing. Jangan diambil hati, jangan diambil pusing. Tetap istikomah dengan hijabmu dan berlalulah dari orang yang berkata demikian. Senyumin aja :). The point is.....tetep jadi kamu yang tidak terlalu mengambil pusing apa yang orang lain katakan mengenai dirimu dan hijabmu, tidak menuntut dimengeri oleh sekitarmu, dan tetap berhubungan baik dengan orang sekitarmu. Happy Monday, Hijabers.







[BL]



RELATED ARTICLE