Jepang, Negara Ramah Muslim | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Jepang, Negara Ramah Muslim

1.168 kali dilihat


Akhir pekan yang mendekati bulan Ramadhan ini alangkah baiknya jika kita mengisi hari ini dengan banyak berdoa dan mendekatkan diri pada Allah SWT. Selain itu menambah pengetahuan yang baru juga disarankan, karena pengetahuan ini sangat berguna bagi Hijabers yang suka sekali dengan travelling. Khususnya travelling ke luar negeridimana ada saatnya traveller muslim sulit mencari makanan halal di Negara dimana muslim menjadi rakyat minoritas.

Jepang menjadi salah satu Negara yang minoritas penduduknya beragama muslim. Maka dari itu sering kali orang berpikir bahwa sulit mencari makanan halal di Jepang. Hal itu memang benar, tapi tidak untuk kita yang tahu perbedaan mana makanan halal dan yang bukan.

 

Halal VS Haram

Sudah jelas bahwa seorang muslim haram hukumnya jika memakan daging babi serta meminum-minuman yang mengandung alkohol. Surat Al Maidah ayat 3 dalam Al Quran telah menjelaskan bahwa umat muslim diharamkan memakan bangkai, darah, daging babi, dan daging binatang haram lainnya. Jika Hijabers merencanakan pergi ke Jepang, waspadalah dengan beberapa makanan khas ini, karena terbuat dari bahan yang diharamkan bagi umat muslim.

Ramen, tonkatsu, okonomiyaki, dan kare. Biasanya menggunakan bahan dari daging babi. Beberapa pula menggunakan kaldu dari lemak babi. Sedangkan makanan-makanan tersebut adalah makanan tradisional yang sebenarnya menggiurkan untuk dicoba.

Teriyaki, yakitori. Waspadalah dengan makanan ini, karena biasanya chef memasak dengan menggunakan bumbu yang berbahan dasar mirin atau sake dimana bahan tersebut mengandung alkohol. Selain makanan dengan lambang ‘niku’ yang berarti daging wajib diperhatikan. Tidak semua daging yang bukan babi disembelih dengan cara Islam.

 

Mencari Label Halal Food di Jepang.

Cukup mudah karena beberapa tahun terakhir ini pemerintah Jepang sedang gencar menggalakkan label sertifikat halal pada makanan dan minuman yang dipasarkan di Jepang.

Image title



LogoJapan Islamic Trust

the-dailyjapan.com

 

Tokyo Ramah Umat Muslim

Sangat disayangkan ketika tahu bahwa sebagian besar makanan Jepang mengandung bahan dasar yang haram bagi umat muslim. Karena seperti yang kita  tahu bahwa Jepang sangat kaya akan wisata kulinernya dan sayang untuk dilewatkan hanya karena ragu akan kehalalannya.

Jangan khawatir, di Tokyo ternyata banyak sekali ditemukan makan dengan berlabel halal. Bukan hanya restoran timur tengah yang menyediakan makanan halal, makanan khas Jepang dapat kita temui di beberapa spot di Tokyo.

1.   La-Toque, NaritaAirport Terminal 2, Main Building, 4th Floor.

Image title



Jika Hijabers ke Bandara Narita maka akan menemukan restoran ini dengan menyediakan makanan khas Jepang yang dapat dinikmati tanpa takut akan bahan yang haram untuk umat Muslim.

2.   Yoshitomoan, 10 Nandomachi, Shinjuku-ku, Tokyo.

Image title









Continue reading on next page...



RELATED ARTICLE