Ketahui Hal Berikut Agar Lebih Dekat Dengan Allah | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Ketahui Hal Berikut Agar Lebih Dekat Dengan Allah

877 kali dilihat


Hijabers, kira-kira ibadah apa saja yang sudah kamu lakukan hari ini? Jangan lupa ketika sedang senggang ada baiknya melakukan dzikir, agar puasanya semakin berkah. Hijabers, kali ini Diaryhijaber akanmengulas mengenai ibadah dzikir. Seperti macam-macam dzikir dan pahala apa saja yang kita dapatkan setelah berdzikir. Sebelum memasuki dua hal tersebut, ada perlunya mengingat kembali mengenai pengertian dzikir.


Makna Berzikir

Dzikir memiliki arti harfiah yaitu mengingat Allah SWT. Dzikir yang kita kenal yaitu dzikir lisan atau bisa juga disebut dengan wirid. Masih banyak cara yang digunakan dalam berdzikir selain wirid. Sebagai contoh berdzikir dengan shalawat, pujian, doa dan sebagainya.

Al-Quran Surat Al Ahzab ayat 41-42 berbunyi "Wahai orang-orang yang beriman, ingatlah kepada Allah dengan mengingat nama-Nya sebanyak-banyaknya, dan bertasbihlah kepada-Nya pada waktu pagi dan petang." Dengan ini berdzikir merupakan salah satu tuntunan bagi umat muslim. Jadi wajib pula untuk para hijaber mengamalkannya.


Waktu utama untuk berdzikir adalah setiap saatnya kita melakukan sesuatu. Seperti dalam Surat An-Nisa ayat 103 yang berbunyi “Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat, ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan diwaktu berbaring”

Hijabers, selain itu terdapat sebuah hadist yang dikeluarkan oleh Imam Nasa’i 6/50 haditsno 9994, dan Ibnu Khuzaimah 1/371 hadits nomor 754 dan Imam Thabrani 8/238 hadits no. 7930 serta Shahihkan oleh Syaikh Al Bani dalam kitab Shahihul Jami’ no 2615. Hadist ini berbunyi :

Dari Abu Umamah radhiyallahu anhu, Ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihiwasallam melihatku menggerakkan bibirku (lidahku), maka Beliau bertanya, “apa yang kamu ucapkan wahai Abu Umamah?” aku menjawab “aku sedang berdzikir kepada Allah” Nabi berkata “maukah kutunjukkan pada (dzikir) yg lebih baik dari dzikirmu kepada Allah sepanjang malam dan siang hari? yaitu engkau mengucap : segala puji bagi Allah sebanyak ciptaan-Nya, segala puji bagi Allah meliputi seluruh ciptaan-Nya, segala puji bagi Allah sebanyak segala yang ada di langit dan di bumi, segala puji bagi Allah sebanyak segala yang terhitung dalam kitab-Nya, segala puji bagi Allah meliputi semua yang dapat dihitung dalam kitab-Nya, segala puji bagi Allah sebanyak segala sesuatu, dan segala puji bagi Allah meliputi segala sesuatu… kemudian hendaknya kau bertasbih kepada Allah dengan jumlah yang serupa dengan ini.” kemudian Ia berkata, “engkau ajarkanlah pada orang-orang sesudahmu, maka engkau akan diberi pahala dari amal orang-orang itu.


Sedangkan bacaannya terdapat di bawah ini:

Image title



Sumber:jilbab.or.id

Dari bacaan di atas, Hijabers mulai bisa mempraktekkan dzikir dengan memuji nama Allah SWT.


Keuntungan Berdzikir

Segala ibadah dan amalan yang kita lakukan tidak akan terlepas dari pahala dan keuntungannya. Sedangkan pahala dan keuntungan berdzikir ini sendiri tidaklah sedikit. Terlebih jika dilakukan di Bulan Ramadhan, dimana pahala kita akan berlipat seribu jika diamalkan. Pahala dan keuntungan berdzikir sebagai berikut :








Continue reading on next page...



RELATED ARTICLE