Meski Bukan Putri Presiden, Kamu Juga Bisa Menikah Seperti Kahiyang dan Bobby Lho! | DiaryHijaber.com

Writer : Chyntia Andarinie Editor : ISR

Meski Bukan Putri Presiden, Kamu Juga Bisa Menikah Seperti Kahiyang dan Bobby Lho!

316 kali dilihat

Beberapa hari lalu, berlangsung sebuah pesta meriah di kota Solo, Jawa Tengah yang dihadiri oleh ribuan undangan. Pesta tersebut diadakan dalam rangka pernikahan putri Bapak Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Tamu undangan yang hadir tak hanya berasal dari Kota Solo namun juga dari berbagai daerah di Indonesia. Bahkan, tak sedikit pula tamu asing yang menghadiri perhelatan akbar tersebut. Wow, kebayang dong gimana ramainya? Tapi apakah menikah harus semeriah itu?

Tenang sobat Hijabers, dalam islam tidak ada aturan harus menyelenggarakan pesta mewah. Resepsi pernikahan atau walimah sebaiknya diadakan semampunya saja. Jika mampu mengadakan pesta seperti pernikahan Kahiyang dan Bobby, boleh-boleh saja. Jika hanya mampu menyelenggarakan syukuran pernikahan yang sederhana, tidak masalah. Yang terpenting adalah niat menikahnya adalah untuk ibadah dan menjauhi perbuatan dosa. Jika sudah bertemu calon pendamping yang pantas dan orangtua pun sudah merestui, tunggu apalagi? Berikut adalah hal-hal yang perlu kamu siapkan agar pernikahanmu berjalan lancar, meskipun kamu bukan putri presiden.

 

  1. Mahar

 

Wikimedia.com

Wikimedia.com

 

Hal paling penting yang harus disiapkan sebelum menikah adalah mahar atau yang sering disebut mas kawin. Mahar adalah sesuatu yang diberikan oleh calon mempelai laki-laki kepada calon mempelai perempuan. Tidak ada ketentuan jumlah dan bentuk mahar, namun harus disepakati oleh kedua belah pihak. Di pernikahan Kahiyang dan Bobby, disebutkan mahar berupa emas 80 gram. Tetapi pahamilah bahwa mahar tidak harus berupa emas, perhiasan, uang namun bisa dalam bentuk apapun yang menunjukkan kesungguhan niat calon mempelai laki-laki dan diridha’i oleh calon mempelai wanita.

 

2. Tanggal Pernikahan

 

Harsupesa.am

Harsupesa.am

 

Setelah mendapatkan restu untuk menikah dan sepakat tentang mahar, hal selanjutnya adalah menetapkan tanggal pernikahan. Umumnya tanggal yang paling diminati adalah yang bertepatan dengan hari libur yaitu Sabtu atau Minggu. Alasannya, agar para undangan bisa hadir tanpa harus meninggalkan pekerjaan mereka. Tapi kalo kamu dan pasangan punya pertimbangan lain, tidak masalah. Contohnya pernikahan Kahiyang dan Bobby kemarin, justru diselenggarakan pada hari kerja yaitu Hari Rabu. Tapi lihat saja, tamu undangan tetap ramai memadati gedung resepsi mereka, kan?

 

3. Lokasi Acara

 

Thewedding.id

Thewedding.id

 

Mahar dan tanggal pernikahan sudah disepakati? Sekarang waktunya kamu menentukan lokasi pernikahan. Sekarang pilihan lokasinya sudah beragam, bisa di gedung serbaguna, aula masjid, halaman rumah pribadi, villa, restoran, taman, hotel bahkan di kapal laut! Dalam menentukan lokasi, kamu harus mempertimbangkan budget dan juga prakiraan kondisi cuaca saat itu. Lebih baik memilih lokasi indoor jika kamu menikah di musim hujan, dan outdoor untuk pernikahan di musim kemarau. Pastikan juga harga sewa tempat sudah termasuk biaya listrik atau tidak. Biar hemat listrik, pilih waktu acara pagi menjelang siang atau siang menjelang sore.

 

4. Baju Pengantin

 

Bridestory.com

Bridestory.com

 

Tentunya kalian ingin tampil beda di hari spesial kan, sobat Hijabers? Boleh-boleh saja, tapi harus tetap sesuai syariat Islam ya. Pilih baju pengantin muslim yang menutupi aurat dan riasan wajah yang tidak terlalu menor. Ingatlah, kecantikan paras hanya boleh dilihat oleh muhrim kita. Tidak perlu juga menghambur-hamburkan uang untuk membeli baju pengantin mewah yang harganya selangit. Kamu bisa menjahit busana sederhana atau mungkin masih ada baju pengantin Mama yang dipakai dulu, bisa dipinjam deh! Selain hemat budget, nilai historisnya pun manis untuk dikenang. Jangan sampai niat menikah untuk ibadah malah jadi ladang dosa.

 

5. Undangan

 

Aliciasinfinity.com

Continue reading on next page...



RELATED ARTICLE