Perawatan Rambut Khusus Untuk Hijabers | DiaryHijaber.com

Writer : Shintria Maylinia Editor : Someone

Perawatan Rambut Khusus Untuk Hijabers

387 kali dilihat

Hijabers, memakai hijab memang dapat melindungi kepala dari panas sinar matahari. Namun, bukan berarti Anda bebas dari perawatan ya. Pasalnya, banyak Hijabers yang mendapati rambut rontok, ketombe, dan masalah lain pada rambut.

 

Kadang kala, banyak hal yang terlupakan ketika Hijabers sudah nyaman memakai hijab. Perawatan yang dilakukan tidak lain hanya sekedar mencuci rambut dengan shampoo dan conditioner. Sedangkan, masih banyak hal lain yang harus diperhatikan nih Hijabers.

 

Rambut rontok dan kulit kepala yang begitu gatal disebabkan karena lembab. Yap, tidak jarang banyak Hijabers yang kurang maksimal saat mengeringkan rambut, lalu langsung memakai hijab. Tanpa Anda sadari, kulit kepala akan lembab dan menimbulkan kerusakan pada rambut.

 

Agar rambut tetap sehat dan indah walaupun memakai hijab, berikut perawatan rambut khusus untuk wanita berhijab yang harus Anda terapkan.

 

Jangan Mengikat Rambut yang Basah

Banyak Hijabers yang suka melupakan hal yang satu ini. Yap, mengikat rambut yang masih basah. Tidak bisa dipungkiri, karena terburu-buru Hijabers langsung mengikat rambut yang masih basah atau lembab. Padahal, mengikat rambut yang masih basah dapat merusak akar rambut.. Selain itu, rambut tidak kering dengan sempurna dan menyebabkan kerontokan.

 

Sebaiknya, sediakan waktu untuk mengeringkan rambut Anda sebelum memakai hijab. Jika terburu-buru, Anda bisa mengeringkan rambut dengan hair dryer.

 

Sinar Matahari dan Vitamin D

Memang, memakai hijab dapat melindungi kepala dari panasnya sinar matahari. Namun, tidak ada salahnya lho untuk membiarkan rambut terkena sinar matahari. Karena, sinar matahari memiliki vitamin D yang baik untuk kulit kepala dan rambut Anda. Jadi, biarkan rambut terkena sinar matahari hanya beberapa menit saja. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi vitamin khusus untuk rambut. Sehingga perawatan untuk rambut juga dapat dilakukan dari dalam.

 

Membiarkan Rambut Bebas Terurai

Hijabers, ketika Anda sedang di rumah, tidak ada salahnya untuk membiarkan rambut bebas terurai. Karena, sepanjang hari rambut sudah terikat dan tertutup hijab, hal ini membuat rambut tidak mendapat sirkulasi udara yang cukup. Rambut dan kulit kepala juga butuh bernafas lho Hijabers. Namun, jika ada satu hal yang mengharuskan Anda tetap mengenakan Hijab, maka pakai lah hijab yang sedikit longgar ya Hijabers.

 

Menjaga Kebersihan Hijab dan Inner Hijab

Tidak bisa dipungkiri, kadang Hijabers suka sekali memakai hijab yang sama selama berulang kali. Boleh saja memakai hijab yang sama, namun harus diperhatikan kembali akan kebersihannya. Hijab dan inner hijab yang sudah Anda pakai di ruangan terbuka, bisa saja menyimpan dan membawa banyak debu. Sebaiknya, cuci hijab dan inner hijab selepas pemakaian. Hal ini baik untuk melindungi kebersihan kulit kepala Anda.

 

Rutin Memotong Rambut

Hanya karena memakai hijab, bukan berarti Anda tidak memotong rambut. Jika sudah dirasa cukup panjang, Anda boleh memotong rambut untuk menjaga rambut agar tetap sehat dan terawat keindahannya. Potong rmabut setiap 4 hingga 6 minggu sekali.

 

Hindari Mengikat Rambut Terlalu Erat

Memang sulit jika tidak mengikat rambut saat memakai hijab. Bahkan Hijabers suka sekali mengikat rambut begitu erat. Tanpa Anda sadari, kebiasaan ini menyebabkan rambut mudah rontok. Maka dari itu, mulai dari sekarang Anda harus mengikat rambut dengan sedikit longgar setidaknya satu hari dalam seminggu. Selain itu, Anda bisa kenakan inner hijab agar rambut tidak mudah untuk keluar.

 

Selain 6 hal di atas, Anda harus melakukan perawatan seperti creambath atau hair mask. Perawatan ini bisa Anda lakukan di rumah atau salon khusus Hijabers. Walaupun rambut tersimpan di dalam Hijab, bukan berarti Anda tidak merawat rambut dengan baik ya Hijabers.



RELATED ARTICLE