Pola Makan Kacau di Bulan Puasa? Baca Tips Berikut | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Pola Makan Kacau di Bulan Puasa? Baca Tips Berikut

493 kali dilihat

 

Menahan haus dan lapar saat berpuasa, terkadang membuat kita khilaf dalam menyantap makanan. Hal ini justru menyebabkan berat badan kita semakin bertambah. Banyak pendapat yang mengatakan bahwa puasa dapat mengurangi berat badan. Dapat pula dikatakan sebagai sarana untuk diet. Setuju, jika hal ini dilakukan dengan benar, yaitu dengan mengkontrol dan mendisiplinkan diri dalam mengatur pola makan.

 

Pola Makan Seimbang

Tidak hanya makan makanan bergizi saja. Namun perlu pola makan yang baik, saat berada dalam waktu diantara berbuka puasa dan sahur. Salah satunya adalah mengawali buka puasa dan sahur minimal dua macam makanan kecil. Selanjutnya, saat berpuasa makanan berserat adalah hal yang wajib dihidangkan. Selain itu, makanan yang mengandung protein, dan makanan yang mengandung gula pun merupakan sebuah keharusan.

Karbohidrat komples, sangat baik bagi orang yang sedang berpuasa. Hal ini dikarenakan karbohidrat komples akan melepaskan energy dalam tubuh secara perlahan, sehingga energy dapat terikat dalam tubuh selama berpuasa. Makanan semacam ini dapat ditemukan pada nasi, gandum, kacang-kacangan, makanan yang terbuat dari tepung dan oats.

Makanan berserat, juga mengikat energy dalam jangka waktu yang cukup lama. Makanan berserat dapat ditemukan dalam bekatul, sereal, makanan yang terbuat dari gandum dan kentang. Dapat juga ditemukan dalam sayur-sayuran, seperti kacang hijau, hampir semua buah-buahan, buah prem dan buah ara.

Saat minum, cobalah untuk menghindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi, soda dan teh. Dalam hal ini kafein tidak dianjurkan, karena dapat mempercepat memacu air yang keluar dari tubuh melalui urine.

Makanan Berenergi dan Minuman Berisotonic

Pemilihan makanan untuk sahur tidak bisa diremehkan. Justru harus memilih makanan yang dapat mengikat energy dalam jangka waktu yang cukup lama. Seperti halnya dengan roti panggang, sereal, dan salad. Selain itu juga penting memberi asupan tubuh dengan makanan yang mengandung vitamin, seperti jus buah.

Sedangkan untuk berbuka puasa, dianjurkan untuk minum minuman yang mengandung isotonic. Minuman yang mengandung isotonic ini dapat ditemukan pada air kelapa muda. Tentunya di Indonesia sangatlah mudah untuk menemukanya. Hal ini penting adanya karena minuman ber-isotonik dapat digunakan sebagai pengganti kadar garam yang hilang dari dalam tubuh.

Berbuka Dengan yang Manis

Rasullulah mengajarkan untuk berbuka dengan yang manis, seperti kurma. Setelah diteliti, kurma ternyata memiliki kandungan energy yang tinggi. Serupa dengan buah-buahan yang dapat memberikan efek revitalisasi dalam tubuh. Berbuka puasa dengan meminum air yang cukup dapat menekan keinginan untuk makan berlebih. Selain itu tidak perlu membiasakan diri untuk berpesta saat berbuka puasa. Bayangkan Hijabers, makan selama 30 hari dengan hidangan pesta yang berlebih. Hal ini justru akan menambah berat badan di akhir bulan puasa nanti. Islam pun menganjurkan untuk menghidangkan menu yang sederhana tapi tetap menyehatkan.

Cara Menghidangkan Makanan Sehat untuk Berbuka.

Menghindari gorengan sangat dianjurkan. Terlebih makanan yang digoreng terlalu lama dapat menyediakan lemak jenuh yang tinggi. Memasaklah dengan menggunakan sedikit minyak. Selain menghindari bibir kering, memasak dengan sedikit minyak dapat mengurangi masuknya kolesterol dalam tubuh.

 

Jika Hijabers memiliki panggangan, cobalah sesekali berekspolasi dengan makanan yang dipanggang atau dibakar. Cobalah untuk memanggang daging ayam dan ikan yang biasanya digoreng. Makanan yang dibakar atau di panggang akan lebih sehat daripada makanan yang digoreng.

Selanjutnya adalah makanan yang digoreng setengah matang. Contohnya, ketika memasak oseng kacang usahakan jangan terlalu layu. Beberapa sayuran yang dimasak terlalu layu akan menghilangkan kadar serat dan vitamin yang terkandung di dalamnya. Semoga artikel ini dapat membantu para Hijabers untuk kembali memperbaiki pola makan dengan mengikuti langkah-langkah di atas. Good luck.

 

 

 

 

 

 

 

Writer : Sam

Editor : BL

 

 



RELATED ARTICLE