Resiko Kesehatan Pemakaian Eyeliner di Bawah Mata | DiaryHijaber.com

Writer : Shintria Maylinia Editor : Someone

Resiko Kesehatan Pemakaian Eyeliner di Bawah Mata

833 kali dilihat

Eyeliner merupakan salah satu jenis makeup untuk memperindah tampilan mata. Siapa yang tida ingin memiliki mata tampak lebih besar, cantik, dan indah saat dipandang? Yap, salah satu cara untuk membuat mata tampil berbeda, yaitu dengan memakai eyeliner dan mascara. Banyak cara serta bentuk eyeliner yang dapat mempengaruhi riasan pada bagian mata Anda.

Sering kali wanita menggunakan eyeliner pada bagian atas (kelopak) mata, sebelum akhirnya membubuhi kelopak mata dengan eyeshadow, serta melentikkan bulu mata dengan mascara. Namun, tidak jarang ada yang menggunakan eyeliner pada bagian bawah mata untuk hasil yang berbeda. Memang, tidak ada salahnya memakai eyeliner pada bagian bawah mata. Namun, jika terlalu sering akan berisiko pada kesehatan mata Anda lho, Hijabers.

Dilansir dari Dailymail.co.uk, Alison Ng dari University of Waterloo, Kanada, mengatakan bahwa banyak wanita yang mengeluhkan masalah mata setelah memakai eyeliner. Hal ini khususnya terjadi pada wanita yang memakai lensa kontak. Pemakaian eyeliner di bawah mata mudah sekali berpindah hingga masuk ke bagian dalam mata. Tentu, jika terlalu lama diamkan akan berpotensi menyebabkan pengelihatan kabur higga iritasi mata.

Para peneliti menguji pengaruh eyeliner dengan mengambil video mata dari tiap peserta selama 10 menit setelah menerapkan makeup. Setelah itu, peneliti menghitung berapa banyak partikel eyeliner yang pindah ke mata. Hasilnya, terdapat 15 dan 30 persen lebih partikel pindah ke mata ketika eyeliner diaplikasikan pada bagian dalam garis bulu mata.

Eyeliner mengandung bahan seperti minyak, silicon, gum dan lilin yang dirancang agar mudah menempel pada kelopak mata. Dr. Alison mengatakan bahwa orang-orang yang memakai lensa kontak akan lebih rentan terkena masalah saat pemakaian eyeliner di bawah mata. Selain itu, pemilik mata yang kering juga akan lebih sensitif saat pemakaian eyeliner pada bagian bawah mata. Pasalnya, jika partikel eyeliner masuk ke dalam mata, pemilik mata kering sulit mengeluarkan partikel karena sedikitnya produksi air mata.

Untuk menghindari resiko kesehatan akan pemakaian eyeliner, ada baiknya untuk membersihkan eyeliner dan makeup sebelum Anda tidur ya Hijabers. Selain itu, jika Anda menggunakan lensa kontak, sebaiknya hindari pemakaian eyeliner pada bagian bawah mata. Karena, jika partikel sudah masuk ke dalam mata, akan mudah sekali menempel pada lensa kontak. Alhasil, akan menyebabkan rasa tidak nyaman, buram, hingga iritasi.

Boleh saja memakai eyeliner di bawah mata, namun harus lebih berhati-hati ya Hijabers. Jangan sampai partikel eyeliner masuk ke dalam mata.



RELATED ARTICLE