Sepatu Kamu Sempit? Coba Besarkan Ukuran Sepatumu dengan Fashion Hack Ini! | DiaryHijaber.com

Writer : Nanda Pipit N Editor : Nanda Pipit N

Sepatu Kamu Sempit? Coba Besarkan Ukuran Sepatumu dengan Fashion Hack Ini!

518 kali dilihat

Apakah kamu baru membeli sepatu baru dan bagian belakangnya terasa sempit dan sakit ketika digunakan? Kamu tidak perlu bersedih ataupun menyumbangkan sepatu barumu karena dengan fashion hack ini ukuran sepatumu bisa membesar!

1. Renggangkan Ukuran Sepatu dengan Hair Dryer

Kalau kamu menginginkan cara cepat dan mess-free untuk merenggangkan ukuran sepatumu yang sempit, kamu hanya perlu mengambil kaos kaki dan hair dryer. Ingat ya, semakin sempit sepatumu, semakin tebal kaos kaki yang kamu perlukan.

Caranya:

  • Pasang kaos kaki pada kedua kakimu dan gunakan sepatumu yang sempit.
  • Set hair dryer kamu pada titik terpanas dan arahkan pada area sepatu yang sempit. Tapi, jangan terlalu dekat dengan sepatu ya karena panasnya bisa saja merusak permukaan luar sepatu kamu.
  • Selagi memanaskan sepatu dengan hair dryer, selalu gerak-gerakkan kakimu di dalam sepatu untuk merenggangkannya.
  • Jika sudah selesai, cobalah berjalan dengan sepatumu hingga sepatunya dingin.
  • Sekarang, coba lepas kaos kakimu dan kenakan kembali sepatumu. Apakah masih terasa sempit? Kalau iya coba ulangi step-nya dari awal lagi!

Cara ini ampuh untuk jenis sepatu yang terbuat dari bahan natural alami seperti kulit karena mereka akan merenggang dengan mudah tanpa meleleh karena panas. Berhati-hatilah untuk sepatu dengan bahan plastik karena bisa meleleh.

 

2. Renggangkan Ukuran Sepatu dengan Freezer

Yes you read it right! Kamu bisa membersarkan ukuran sepatumu dengan freezer loh! Kamu hanya perlu menuangkan air pada plastik dan letakkan pada bagian dalam sepatu. Simpan di dalam freezer hingga membeku. As simple as that.

Scientifically, cara kerjanya dimulai ketika bungkusan air di dalam sepatu membeku dan mengembang. Hal ini kemudian akan mendorong bagian sepatu untuk semakin merenggang dan membuatnya lebih besar.

Caranya:

  • Isi setengah plastik ziplock dengan air dan letakkan pada masing-masing sepatu.
  • Jangan lupa tutup seal-nya sehingga airnya tidak akan bocor atau tumpah kemana-mana.
  • Letakkan kedua sepatu berisi kantung air tersebut ke dalam plastik yang lebih besar untuk melindunginya terkena makanan di dalam freezer.
  • Diamkan semalaman di dalam freezer.

Metode ini sangat baik untuk membesarkan bagian ujung jari sepatu. Cocok untuk semua jenis material sepatu termasuk plastik dan vinyl.

 

3. Renggangkan Ukuran Sepatu dengan Rubbing Alcohol

Rubbing Alcohol merupakan cara yang paling baik untuk melonggarkan sepatu baru dan footwear yang perlu sedikit dibesarkan. Ada dua cara untuk menggunakan rubbing alcohol agar sepatu yang sempit bisa lebih longgar.

  • Basahkan kapas dengan rubbing alcohol. Lalu, tekan kapas yang basah tersebut pada area sepatu yang ingin dibesarkan. Kapas tersebut kemudian akan men-transfer cairan alcohol ke sepatu. Kenakan sepatumu dengan cepat dan gunakan untuk berjalan. Sangat penting bagi kamu untuk segera mengenakan sepatunya sebelum cairan alcohol-nya mengering karena alcohol hanya bekerja ketika masih basah.  
  • Untuk sepatu yang terasa sangat sempit di seluruh bagian, kamu perlu menggunakan kaos kaki. Semakin sempit sepatu, semakin tebal kaos kaki yang kamu perlukan. Rendam kaos kaki pada rubbing alcohol hingga basah. Setelah itu, pasang kaos kaki tersebut pada kakimu dan segera kenakan sepatu. Cobalah untuk berjalan untuk memberikan tekanan pada sepatu hingga alcohol-nya meresap pada sepatu dan kaos kakinya kering.


Cara ini cocok untuk membesarkan semua area sepatu. Cara ini sangat baik untuk membesarkan sepatu dengan bahan alami seperti kulit. Tapi, hindari untuk menggunakan cara ini berulang kali untuk sepatu kulitmu yang mahal karena cairan alcohol-nya bisa mengeringkan kulit sepatu.


Well, itu dia cara membesarkan sepatu yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Mulai sekarang jangan siksa kaki kamu dengan sepatu yang sempit lagi ya, Hijabers. Selamat mencoba!



RELATED ARTICLE