Stres Saat Berkerja? Coba Lakukan Power Nap | DiaryHijaber.com

Writer : SM Editor : Someone

Stres Saat Berkerja? Coba Lakukan Power Nap

545 kali dilihat

Berkerja kini menjadi hobi sekaligus tuntutan bagi kehidupan. Karena, banyak orang berkerja selain untuk karir juga demi sesuap nasi. Tuntutan kehidupan yang semakin meningkat membuat seseorang rela menghabiskan hari-harinya untuk berkerja. Tentu hal ini mengakibatkan dampak negatif bagi psikologis, ada yang merasa bosan, lelah, hingga stres. Ketiga dampak negative tersebut akan mempengaruhi kinerja seseorang, alhasil dapat merugikan perusahaan.

Stres yang melanda bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti jam kerja yang terlalu panjang, tugas yang menumpuk, hingga pekerjaan yang tidak sesuai dengan passion. Jangan salah, lingkungan sekitar juga bisa menimbulkan stres lho. Terlebih lagi bagi beberapa orang yang sulit berkomunikasi.

Beberapa negara maju seperti Jepang, sudah melakukan pemantauan akan tingkat stres yang terjadi di tempat kerja. Yup, negara Jepang dikenal dengan orang-orang yang berkerja sangat keras. Dua pertiga dari total populasi di Jepang pada tahun 2000 mengalami peningkatan stres. Bahkan banyak yang memutuskan untuk mengakhiri hidup dikarenakan merasa gagal dalam pekerjaan hingga stres berkepanjangan.

Hijabers, perlu diwaspadai bahwa stres saat berkerja mengakibatkan sulit tidur, selera makan berkurang, mual, sakit kepala, hingga tekanan darah dan jantung meningkat. Jika ini sudah terjadi, maka akan diikuti dengan tekanan pada emosi, mudah marah, muram, menurunnya produktivitas, hingga hilangnya komitmen. Yuk, kurangi stres saat berkerja dengan beberapa cara berikut ini.

Let It Go

Dalam beberapa situasi, Anda akan berpikir bahwa kegagalan adalah akhir dari segalanya. Tidak, kegagalan hanya pembelajaran untuk Anda dalam pekerjaan atau hidup. Maka dari itu, coba untuk mengambil nafas lebih dalam, buat teh hangat, dan kembali bersyukur.

Membuat To Do List

Setelah Anda merasa lebih tenang, selanjutnya buat to do list. Setidaknya hal ini mampu menghindarkan Anda dari kegagalan dalam berkerja. Selain itu, pekerjaan akan lebih terorganisir, sehingga Anda tidak akan stres akan tugas yang menumpuk.

Happy Eating!

Nah, ternyata makan mampu mengurangi stres saat berkerja lho. Jika Anda merasakan mood yang tidak seimbang, coba penuhi karbohidrat melalui makanan. Anda bisa mengonsumsi makanan yseperti roti, kentang, cereals, jagung dan lainnya. Makanan tersebut bisa membantu mengembalikan hormone serotonin dalam tubuh, sehingga Anda bisa kembali merasa senang.

Rangkai Tujuan Untuk Kedepan

Rangkai tujuan untuk kedepan bisa membantu mengurangis stres saat berkerja, Hijabers. Anda bisa mengatur ulang tujuan dalam berkerja hingga rencana di luar pekerjaan. Misalnya, gunakan tujuan berkerja untuk meraih sukses, tidak untuk diri sendiri namun untuk anak-anak Anda kelak.

Membuat Rencana Liburan

Hijabers, saat stres karena sebuah perkerjaan, tidak ada salahnya untuk membuat rencana liburan. Anda punya waktu untuk diri sendiri, misalnya seperti di akhir pekan. Gunakan hari libur untuk berlibur bersama keluarga, teman, dan orang terdekat ya.

Ketika sudah merasa lelah saat berkerja, Anda bisa luangkan waktu untuk menonton video mengenai tempat wisata yang seru. Tentunya, hal tersebut akan meredakan stres sekaligus memacu Anda untuk membuat rencana liburan. Bahkan, Anda bisa gunakan akhir pekan untuk memanjakan diri seperti ke salon.

Berolahraga

Jika sudah merasa sensitif dalam pekerjaan, ada baiknya luangkan waktu untuk berolahraga. Sediakan waktu untuk sekedar jogging atau berjalan santai di pagi hari. Hal ini bisa Anda terapkan juga di kantor lho Hijabers. Sementara sibuk akan tugas yang menumpuk, setidaknya gunakan waktu 10 – 15 menit untuk stretching. Tentu dengan berolahraga akan mengembalikan rasa percaya diri dan lebih positif.

Power Nap

Boleh saja berkerja dengan giat, namun jangan sampai Anda kehilangan wkatu untuk beristirahat. Gunakan waktu tidur malam dengan semestinya. Saat tidur, tubuh akan menghilangkan stres dan kepanikan. Energi yang kembali setelah tidur membuat Anda akan merasa lebih tenang dan bebas stres.

Hijabers, tidur tidak harus dilakukan pada malam hari lho. Kini beberapa kantor sudah memperbolehkan karyawannya untuk melakukan power nap. Yup, power nap ini bisa Anda lakukan di siang hari setidaknya 10 – 30 menit. Saat bangun, Anda akan merasa lebih fresh sehingga bisa mengerjakan pekerjaan dengan lebih baik.



RELATED ARTICLE