Sulit Move On dari Kenangan Kuliah? Lakukan Kegiatan ini! | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Sulit Move On dari Kenangan Kuliah? Lakukan Kegiatan ini!

573 kali dilihat

Mungkin beberapa Hijabers merasakan sulit move on dengan kenangan kuliah. Terlebih ketika merasakan  karena ditinggal teman-teman pulang ke kampung halaman masing-masing. Hijabers sebenarnya hanya perlu mekakukan kegiatan berkualitas untuk move on. Jika masih bingung harus melakukan apa, Hijabers bisa simak beberapa kegiatan yang telah dirangkum oleh Diaryhijaber untuk melancarkan proses move on Hijabers.

 

Job Seekers

Jadilah job seeker atau para pemburu pekerjaan! Hampir semua fresher atau sarjana akan belangganan info career expo, untuk mengetahui kabar terbaru lowongan pekerjaan yang tersedia. Sayangnya tidak semua fresher memiliki keberuntungan yang sama. Ada beberapa yang diterima, namun cukup banyak yang gugur.

Selain belum rejeki, alasan lain seorang fresher belum diterima kerja adalah karena kurangnya persiapan. Persiapan yang perlu dilakukan sebelum mengikuti career expo adalah dengan mencari tahu perusahaan mana saja yang tersedia pada kesempatan tersebut. Selanjutnya melihat lowongan jabatan yang tersedia, barulah mempersiapkan CV dan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Membuat CV atau resume pun tidak bisa dipukul rata, kesalahan inilah yang sering menyebabkan tidak lolos tahap pertama. Setiap lowongan akan memiliki spefisikasi dan kriteria yang berbeda, maka CV atau resume yang di lampirkan harus berbeda pula. Be specific! Adalah kunci dari membuat CV dan resume yang baik.

Bisnis

Melakukan bisnis adalah pilihan bagi fresher yang menyukai tantangan. Menjadi job seekers sebenarnya juga tantangan, namun tantangan yang dialami pebisnis akan jauh berbeda. Dimana mereka harus mengurus segalanya sendiri, dari mulai membuat rancangan bisnis hingga menghitung laba dan rugi. Tantangan lainnya adalah mereka harus memberikan sesuatu hal yang baru secara terus menerus demi kepuasan pelanggan, dan itu pun dilakukan sendiri.

Bisnis yang banyak dikelola anak muda jaman sekarang adalah online shop dan café. Bisnis online shop adalah pilihan pertama bagi Hijabers yang memiliki sedikit modal. Produk yang bisa dijual dengan online shop adalah kerajinan tangan, clothing line, make up dan masih banyak lainnya. Sedangkan bisnis café diperuntukkan bagi mereka yang memiliki keberanian modal dan tanggung jawab. Alasannya adalah banyaknya perangkat yang harus dimiliki dengan biaya yang cukup besar. Seperti menyewa tempat, dekorasi ruangan, food and beverages trial and error, dan prangkat lainnya seperti mencari pagawai. Hijabers dapat memulai berbisnis apa saja yang Hijabers suka dan yakin mampu untuk menjalaninya, demi move on dari kenangan kuliah… beralih berbisnis.

Volunteering

Cara move on dan penghilang baper yang satu ini memang tidak menguntungkan secara finansial. Namun manfaat yang didapatkannya sungguh besar. Menjadi volunteer atau relawan adalah hal yang sangat mulia. Selain mendapatkan banyak teman, secara tidak langsung Hijabers akan menjadi pribadi mandiri, tangkas, ikhlas dan penuh kepedulian lingkungan.

Di Indonesia, kegiatan ini cukup popular di kalangan mahasiswa dan fresher. Bagi fresher, dapat mengikuti kegiatan semacam ini dengan bergabung di Indonesia Mengajar atau SM3T. Dua kegiatan ini sama-sama bertujuan untuk memperbaiki kualitas pendidikan di daerah pedalaman Indonesia. Bedanya, SM3T hanya diperuntukkan bagi sarjana pendidikan. Sedangkan Indonesia Mengajar diperuntukkan bagi siapa saja yang ingin menjadi tenaga pengajar.

Melanjutkan Kuliah

Bagi orang yang berpikiran bahwa ijazah sarjana masih kurang untuk menjamin pekerjaan, maka mereka akan melanjutkan studi masternya. Terlebih sekarang sudah ada LPDP yang diminati banyak sekali fresher, untuk melanjutkan kuliah S2nya di luar negeri. Hal ini bukan merupakan pemikiran yang salah dan membuang-buang waktu. Melanjutkan studi master juga memiliki banyak sekali manfaat. Sudah pasti memiliki ilmu yang lebih matang serta ijazah master yang berimbas akan lebih luas jangkauan karirnya. Tidak hanya menjadi staff di perusahaan saja, namun juga bisa mengabdikan dirinya sebagai dosen pengajar universitas-universitas di Indonesia.

 

Cukup banyak yang bisa kita fokuskan dalam diri kita bukan Hijabers? Berkembanglah terus dan terus. Terlebih pada bulan Ramadhan ini, kita dapat bersilahturahmi dengan teman-teman dahulu seperti teman-teman pada saat SMP atau bahkan SD. Sembari nostalgia cerita lama.

 

 

 

Writer : Sam

Editor : BL



RELATED ARTICLE