Tips Cara Youtube Kamu Bisa Menjadi Ladang Uang! | DiaryHijaber.com

Writer : Nanda Pipit N Editor : Nanda Pipit N

Tips Cara Youtube Kamu Bisa Menjadi Ladang Uang!

1.477 kali dilihat

Anak muda zaman sekarang hidup di era serba digital. Mulai dari lagu hingga buku semuanya ada versi digitalnya. Kalau bicara soal era digital, ada Youtube yang jadi salah satu rajanya.  Salah satu situs pemutar video dunia ini punya konten yang beragam. Mulai dari video musik, episode salah satu kartun favoritmu hingga tutorial make-up pun ada!

 

Platform media sosial seperti Youtube itu bisa diakses dan dipakai oleh semua orang. Semua orang bisa mengunggah konten-nya masing-masing semaunya, asal masih dalam batas guideline Youtube. Ada video yang bisa viral dibagi dan dilihat jutaan orang. Ada juga video yang mungkin cuma dilihat anggota keluarganya sendiri. Kalau masalah populer atau tidaknya sebuah konten ya itu masalah tersendiri ya. Tapi fenomena yang seringkali buat heran adalah munculnya tren Youtuber sebagai profesi yang katanya cukup menjanjikan. Nyatanya di zaman sekarang ini ada lho sejumlah orang yang bisa membiayai hidupnya hanya dengan meng-upload video-video di Youtube. Ya pantas lah kalau semua orang ingin ikut juga kaya dari Youtube.


1. Kalau memang serius pengen dapat duit dari Youtube, pertama-tama kamu harus menghidupkan opsi monetization di akun Youtube kamu!

Pertama, akun Youtube-mu memang harus di-setting secara manual yaitu untuk mengaktifkan fitur monetization. Istilah dengan mengaktifkan fitur ini, kamu memberi tahu Youtube bahwa dirimu ingin mendapat kompensasi duit. Tapi tidak semua akun bisa langsung mendapat balasan uang dari Youtube. Akunmu harus paling tidak bernilai $100 per bulan, baru Youtube mau mencairkan gajimu. Nah nilai sebuah akun itu ditentukan oleh beberapa faktor.

2. Semua uang di Youtube berpusat pada iklan-iklan yang seringkali mengganggu tontonanmu atau yang dipojok kanan atas halaman video

Meski yang terlihat adalah jumlah views dan subscribers, tapi yang lebih penting adalah jumlah mereka yang melihat iklan-iklan yang ada di halaman videomu paling tidak selama 30 detik. Nah jumlah orang itulah yang bisa diterjemahkan ke bilangan duit oleh Google AdSense. Lho apa itu Google AdSense, kok bukan Youtube yang bayar? Youtube itu sebenarnya adalah produk Google. Semua urusan iklan atau ads-nya Google diurus oleh Google AdSense. Makanya kalau akun Youtube-mu bisa mencapai threshold atau ambang batas $100 dari jumlah bayaran iklan, kamu bisa mulai mendapat bayaran. Disamping mengaktifkan monetization di akun Youtube-mu, kamu juga harus membuat akun Adsense tersendiri. Disanalah kamu akan mengisi alamat, metode, dan hal-hal lain tentang pembayaran.

 

3. Naik turunnya gaji Youtube-mu ya ada di tanganmu sendiri, tergantung seberapa banyak iklan bisa dilihat. Makanya sebanyak mungkin kamu memang harus menaikkan views dan subscribers

Besaran uang gaji Youtube memang ditentukan oleh iklan, tapi untuk mendatangkan ‘penonton’ iklan itu kamu harus punya pengikut setia supaya gajimu stabil dan bisa naik terus. Makanya dalam konteks itu, jumlah subscribers dan views juga penting. Bagus tidaknya konten mungkin akan menentukan viralitas atau views sebuah video. Tapi jika ingin punya penghasilan stabil per bulan, kamu harus membesarkan angka subscribers-mu. Karena alasan itulah, banyak orang lewat di video-video secara random minta akunnya di-subscribe. Artinya, mereka sudah tahu cara mencari duit dari Youtube.

Continue reading on next page...



RELATED ARTICLE