Tips Merawat Kulit Agar Tetap Cerah dan Prima | DiaryHijaber.com

Writer : Nanda Pipit N Editor : Nanda Pipit N

Tips Merawat Kulit Agar Tetap Cerah dan Prima

1.982 kali dilihat

Hari-hari sibuk, larut malam, stres, terlalu banyak sinar matahari dan polusi. Inilah beberapa faktor yang menyebabkan kerusakan pada kondisi kulit kalian hijabers!

Namun, walalupun beberapa faktor di atas sulit dihindari, Kalian tetap dapat mencegah kulit kusam yang menunjukkan tanda-tanda penuaan dini. Yang kalian butuhkan adalah rutinitas perawatan kulit.

Yuk ikuti langkah-langkah berikut, supaya kulit kamu tetap cerah berseri:

 

1. Selalu Bersihkan

Membersihkan kulit adalah kewajiban dalam hal kesehatan kulit. Pembersih wajah yang baik mampu mengangkat baikkotoran dan bakteri, sisa make-up, partikel yang larut dalam lemak, dan minyak yang berlebihan. Membersihkan wajah juga mampu mengoptimalkan penggunaan produk perawatan kulit sehingga mereka mampu menembus ke dalam pori-pori kulit dengan baik.

Selalu bersihkan wajah dan leher di pagi hari dan sebelum Anda tidur pada malam hari. Gunakan sabun ringan atau alami yang cocok untuk jenis kulit Anda - sabun yang sifatnya keras dapat menyebabkan jerawat pada beberapa orang. Namun, hindari juga mencuci wajah terlalu sering, karena kulit wajah Anda akan kehilangan minyak alami yang sifatnya melindungi. Gunakan air hangat untuk membersihkan wajah Anda.

 

2. Lembabkan dua kali sehari

Pelembab yang baik mampu menghaluskan dan menghidrasi kulit dengan mengunci kelembaban dan melindungi kulit dari bahaya eksternal. Kulit Anda perlu dilembabkan dua kali hari - di pagi hari dan sebelum tidur.

Sebuah pelembab yang baik harus mengandung gliserin, asam hyaluronic dan dimethicone. Pilih pelembab ringan jika Anda tidak memiliki kulit kering, dan sebaiknya gunakan day cream dan night cream. Ketika musim dingin datang, gunakan pelembab dengan formula lebih kaya, sebab cuaca musim dingin akan membuat kulit lebih kering. Lalu, pilih pelembab yang ringan dan bebas minyak selama musim panas.

Namun, harap diperhatikan bahwa terlalu banyak menggunakan pelembab juga dapat membuat pori-pori tersumbat dan menyebabkan komedo dan jerawat, jadi… pakai secukupnya, ya.

 

3. Gunakan Toner, Hanya Jika Anda Benar-Benar Cocok

Toning tidak benar-benar diperlukan, tetapi toner yang baik dapat menghapus sisa-sisa make-up dan kelebihan minyak.

Pilih toner yang bebas alkohol dan lihat bagaimana kulit Anda bereaksi terhadap itu. Berhenti menggunakan toner jika tampaknya malah mengeringkan kulit Anda. Dan, jika anggaran Anda terbatas, lebih baik alokasikan pada pembersih yang baik dan pelembab saja.

 

4. Perbaiki Kulit Anda, Jika Perlu

Jika kulit Anda terlihat kusam, mungkin sudah saatnya untuk memberikan sedikit perhatian ekstra. Selain pengelupasan secara teratur, tanyakan dokter kulit atau asisten beauty-counter tentang produk khusus yang mampu memperbaiki kulit. Solusi terbaik mungkin datang dalam bentuk serum atau masker.

Untuk lifting effect instan, gunakan produk yang mengandung antioksidan dan dimethylethanolamine (DMAE). Untuk kulit merah atau terkena iritasi, gunakan produk yang mengandung vitamin C ester.

 

5. Cegah Kerusakan Dini Akibat Sinar Matahari

Tabir surya yang baik adalah yang kaya akan antioksidan dan mampu memberikan pertahanan terbaik terhadap bahaya sinar matahari. Jadikan tabir surya sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit Anda setiap hari (Karena sayangnya, make-up dengan faktor SPF tidak memberikan perlindungan yang cukup!), serta selalu pakai topi untuk perlindungan ekstra di hari yang cerah.

 



RELATED ARTICLE