Trik Super Agar Kamu Menjadi Karyawan Sukses! | DiaryHijaber.com

Writer : Nanda Pipit N Editor : Nanda Pipit N

Trik Super Agar Kamu Menjadi Karyawan Sukses!

561 kali dilihat

Banyak yang mengatakan jika pekerjaan yang paling menyenangkan adalah "hobi yang dibayar". Akan tetapi ada juga yang mengatakan jika tidak semua hobi bisa dijadikan sebagai pekerjaan. Hobi adalah sesuatu yang dilakukan untuk mengisi waktu luang. Namun, ternyata hobi bisa digunakan sebagai perantara untuk meningkatkan performa kerjamu di kantor. Yuk kita intip beberapa manfaat jika kamu melakukan hobimu di kantor!

 

1. Kalau kamu hobi membaca, luangkanlah barang 5-10 menit waktu istirhatamu untuk membuka-buka buku

Dengan banyak membaca, setidaknya ada pengetahuan baru yang bisa kamu dapatkan dan kamu bagikan kepada atasan, teman, dan kolega saat di kantor. Kamu juga bisa menggunakan pengetahuan yang kamu dapatkan dari apa yang kamu baca itu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang tertuju padamu dengan mantap dan percaya diri karena kamu menjawab dengan dasar dan sumber yang pasti.

 

books

 

2. Biar nggak gaptek, cobalah sesekali menjadi desainer grafis dadakan. Ada komputer atau laptop di kantor ‘kan?

 

 

Ditengah-tengah kamu lagi ngerjain tugas kantor yang mungkin beda sama hobimu, tiba-tiba bosmu datang minta tolong dibuatin desain-desain menarik untuk presentasi, atau sekedar ngedesain spanduk dan web kantor, karena kamu punya passion di bidang itu, kamu bisa aja langsung merasa punya mainan. Biasanya sih ngerjainnya bisa dua kali lipat tuh semangat dari biasanya.

Lumayan kan? Bos senang, hati tenang. Hahaha.

 

3. Kamu bisa kontrol emosi dengan rutin menulis. Ya, bisa nulis blog, atau catatan kecil yang bisa menenangkan hatimu

Menulis adalah kegiatan yang memadukan aktivitas otak kanan dan juga otak kiri: otak kanan yang berkaitan dengan emosional dan otak kiri yang berkaitan dengan logika manusia. Ketika kamu mulai merasa jenuh, lelah, ada masalah lain di luar kantor, atau sedang tidak cocok dengan rekan kerjamu, sudah bisa dipastikan suasana hatimu kacau. Ingat, jangan sampai marah-marah atau nangis di kantor. Caranya?

 

 

Menulis aja! Tapi nulisnya juga ada aturannya. Bisa kok kamu nulis cerpen, atau puisi yang kisahnya kamu tulis dari pengalaman pribadi atau berdasarkan pengalaman bersama teman-temanmu. Nama-namanya bisa kamu samarkan, alur ceritanya pun bisa sedikit kamu rubah supaya tulisanmu tetap enak dibaca tanpa harus menyinggung perasaan pihak lain.

Bisa juga kamu menuliskan tentang tips apapun yang kamu ketahui dan kamu suka, sehingga fokusmu teralihkan ke materi tulisanmu; bukan pada masalah yang sedang kamu hadapi saat itu. Jadi kamu nggak harus meluapkan kemarahanmu di kantor! Kerjaan tetap lancar, mau marah juga batal karena sudah kamu tuangin jadi karya sastra, 'kan? Dengan begitu, kamu berhasil bekerja secara profesional.

 

4. Olahraga di kantor, kenapa nggak? Sehat jiwa raga dapat membuatmu lebih produktif!

Tak ada halangan untuk berolahraga di balik cubicle tempatmu bekerja. Nggak melulu nunggu weekend dulu untuk punya waktu olahraga, 'kan? Olahraga ringan bisa dilakuin di ruang kerjamu juga kok.

senam diaryhijaber

 

Sekarang banyak tuh tutorial gerakan yoga yang bisa dilakuin sambil kamu kerja, atau kamu bisa lakukan gerakan-gerakan kecil seperti olahraga leher, olahraga punggung, menggerakkan jari-jarimu, gerakan bahu, dan naik turun tangga kantor atau sekedar jalan kaki aja. Nggak mungkin 'kan kamu terus-terusan duduk di meja kerjamu tanpa ada peregangan otot-otot tubuh?

Dengan begitu kamu merasa lebih fresh dan bugar dari sebelumnya. Kalau kamu lakuin gerakan-gerakan itu bareng sama temen sekantor kamu mungkin bisa terasa lebih seru tuh. Pertemanan bisa jadi lebih akrab. Dijamin kamu akan bisa bekerja lebih produktif lagi!

 

5. Mendengarkan musik atau bernyanyi pun diyakini bisa meningkatkan performa kerjamu. Coba deh!

 

headset music

 

Bernyanyi mungkin jadi hal yang terdengar sepele. Bernyanyi bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk melepaskan stress dan menghibur diri sendiri. Dikutip dari health.com, sebuah penelitian menunjukkan bahwa bernyanyi bisa meningkatkan fungsi otak dan mood seseorang dengan gejala demensia (pikun) ringan sehingga penurunan kemampuan otak bisa diperlambat.

Pikun 'kan nggak cuma dialami yang tua-tua aja. Anak muda pun sekarang banyak yang sudah pikun karena tingkat stres yang dirasakan saat bekerja. Bernyanyi kecil sambil main musik sejenak saat jam kerja nggak ada salahnya kok; asal jangan sampai temen kerjamu merasa terganggu, ya. Kalau di kantormu nggak tersedia alat musik, kamu bisa juga tuh bersiul atau sekedar menggunakan tanganmu yang kamu ketuk-ketukkan ke meja sebagai musiknya.

Intinya, kita boleh bekerja keras dan cerdas, akan tetapi kita juga harus bisa meluangkan waktu untuk refreshing; untuk penyegaran fisik dan batin supaya tetap bugar disela-sela kesibukan. Waktu tak hanya dihabiskan untuk kerja seharian, 'kan?

 



RELATED ARTICLE