Tutorial Pembuatan Tas Tangan dari Bahan Jeans | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Tutorial Pembuatan Tas Tangan dari Bahan Jeans

899 kali dilihat

Lebaran tinggal beberapa hari lagi. Hampir semua umat muslim mulai memikirkan membeli barang baru. Hijabers tentu juga menginginkan benda baru seperti halnya aksesoris untuk menyambut Idul Fitri. Bagaimana jika Hijabers tidak perlu membeli aksesoris baru? Cobalah untuk sedikit berkreasi dengan benda-benda lawas yang sudah jarang digunakan lagi. Jika masih bingung aksesoris apa yang ingin kamu buat, Diaryhijaber akan membagikan tutorial seru tas tangan untuk lebaran.  

Tidak seperti biasanya, tutorial kali ini akan mengajak Hijabers untuk membuat tas tangan dari celana jeans yang sudah tidak dipakai lagi. Seperti yang kita tau, kain jeans memiliki serat kain yang sangat tebal. Selain awet kain ini juga tidak mudah robek, sehingga akan sangat cocok dijadikan bahan tas. Tidaklah banyak bahan-bahan yang harus disiapkan. Hijabers hanya memerlukan:

  1. Celana jeans bekas.
  2. Tali & gesper atau pengait tali (bisa dibeli di toko jahit atau pernak-pernik)
  3. Alat jahit.
  4. Gunting

 

Perhatikan langkah-langkah berikut ini:

  1. Siapkan bahan-bahan untuk membuat tas tangan ini. Seperti jeans, tali alat jahit dan gunting. Untuk alat jahit, disarankan menggunakan mesin jahit untuk jahitan kuat dan tahan lama. Jika tidak memiliki mesin jahit, bisa menggunakan benang dan jarum. Gunakan jarum tangan milliners atau straw untuk menjahit kain jeans yang super tebal tersebut.
  2. Ambil celana jeans yang sudah tidak terpakai. Potong bagian bawah secara lurus dan rapi. Langkah selanjutnya adalah menyiapkan tali yang sudah disambung dengan gesper. Potong tali yang sudah dikaitkan dengan gesper tadi.
  3. Masukkan potongan tali yang sudah dikaitkan dengan gesper tersebut kedalam sisi kain jeans yang dipotong tadi. Selanjutnya tutup lubang potongan jeans dengan menjahitnya secara lurus.
  4. Langkah selanjtnya adalah membuat alas tas menjadi bervolume. Jahit bagian ujung tas hingga membentuk segitiga, lakukan pada kedua sisi ujung alas tas tersebut.
  5. Potong lagi tali tesebut menjadi 3 bagian. Dua bagian tali kecil digunakan untuk cincin yang dijahitkan di luar tas tersebut. Sedangkan tali yang paling panjang digunkan sebagai pengikat tas. Ambil sisa tali yang paling panjang lalu lubangi ujung-ujungnya agar bisa dikaitkan pada gesper.
  6. Buatlah dua cincin untuk tempat tali pengikat pada bagian luar tas, dengan menjahitnya.
  7. Sentuhan terakhir adalah merekatkan tali yang paling panjang dengan menggunakan jarum dan benang. Jika memiliki mesin jahit maka gunakanlah untuk merekatkan tali tersebut. Dengan menggunakan mesin jahit tersebut, hasil akan menjadi lebih rapi dan kuat dan prosesnyapun cepat.

Tas tangan Hijabers sudah siap untuk digunakan. Langkah-langkahnya memang cukup banyak, namun sangat mudah untuk dilakukan. Hijabers juga tidak lagi memerlukan uang berlebih untuk membeli aksesoris lebaran. Hanya perlu memanfaatkan benda lawas, hijabers sudah bisa terlihat catchy saat menyambut Idul Fitri nanti. Selamat mencoba.

 

 

 

Writer : Sam

Editor : BL



RELATED ARTICLE