Waspada! Bakteri Mengintai Akibat Berbagi Lip Balm | DiaryHijaber.com

Writer : SM Editor : Someone

Waspada! Bakteri Mengintai Akibat Berbagi Lip Balm

599 kali dilihat

Siapa yang menyangka jika lip balm favorit Anda memiliki banyak rahasia! Khususnya bagi Anda yang mempunyai kebiasaan berbagi lip balm dengan orang lain. Mulai sekarang berhenti lah untuk berbagi lip balm, karena Anda tidak pernah tahu dimana terakhir kali orang lain menaruh bibirnya.

Ada dua cara menggunakan lip balm, yaitu mengoleskannya langsung pada bibir orang lain, atau menggunakan jari yang sedikitnya memiliki bakteri. Well, jika bibir memiliki bakteri sebanyak 40%, maka tangan memiliki 80% bakteri. Tentu hal tersebut mengancam kesehatan bibir Anda. Selain itu, berbagi lip balm tidak hanya dapat menularkan bakteri, namun bisa menyebabkan berbagai penyakit pada bibir Anda. Dikutip dari boldsky.com, berikut alasan mengapa Anda harus hindari untuk berbagi lip balm.

Bakteri Masuk Melalui Aliran Darah

Ini adalah alasan yang penting mengapa Anda harus menghindari berbagi lip balm dengan orang lain. Perlu Anda ketahui, bahwa bibir memiliki pembuluh darah yang luas pada permukaan bibir. Apa pun yang Anda oleskan pada membran bibir yang tipis, secara otomatis akan menyebar ke dalam sistem tubuh melalui aliran darah, termasuk bakteri.

Virus Bertahan Lebih Lama

Walaupun lip balm sudah dipakai oleh orang lain dalam jangka waktu yang lama, belum tentu bakteri tersebut menghilang lho. Karena, bisa saja bakteri yang cukup lama mengendap justru menjadi virus. Tidak hanya bakteri, Anda perlu tahu bahwa seseorang yang mengidap suatu virus bisa menularkannya melalui lip balm. Jadi, jika lip balm sudah dipakai oleh orang lain, lebih baik jangan Anda gunakan lagi ya.

Bahaya Herpes

Nah, ini adalah hal yang perlu diwaspadai yaitu herpes. Penyakit herpes dapat tertular melalui penggunaan lip balm. Terlebih saat orang lain yang menggunakan lip balm Anda sedang mengalami bibir yang kering, pecah-pecah, hingga mengeluarkan darah. Lebih baik segera jauhkan lip balm tersebut dan jangan digunakan lagi.

Hindari Menggunakan Lipstick Orang Lain

Biasanya para wanita menggunakan jasa makeup artist untuk merias. Namun, Anda harus waspada terhadap penggunaan lipstick. Pasalnya, Anda tidak tahu siapa yang sebelumnya menggunakan lipstick sang makeup artist. Ada baiknya, Anda bisa meminta pada makeup artist untuk menggunakan clean lip brush untuk menerapkan lip colour pada bibir Anda. Boleh juga, Anda gunakan lipstick milik Anda yang sudah dikonsultasikan terlebih dahulu kepada makeup artist.

Hal ini tidak hanya berlaku saat menggunakan jasa makeup artist lho. Anda juga harus menghindari menggunakan lipstick yang berada di konter produk kecantikan.

Sebaiknya, Anda lebih teliti dalam menggunakan produk kecantikan. Selain lip balm, Anda juga disarankan untuk menghindari berbagi alat makeup. Yup, jika ingi berbagi alat makeup pada orang lain, lebih baik bersihkan terlebih dahulu dengan pembersih khusus ya.



RELATED ARTICLE